icon-category Telco

Mengenal Fadhilah Mathar, Dirut BAKTI yang Baru Dilantik Kominfo

  • 15 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Fadhilah Mathar resmi dilantik menjadi Direktur Utama BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) Kominfo pada Senin, (14/08). 

Fadhilah berhasil menyingkirkan 2 kandidat lain melalui berbagai seleksi jabatan yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika semenjak bulan April lalu. Hingga akhirnya ia berhasil menyisihkan dua kandidat lainnya, yakni Ade Dimijanty dan Kustanto.

Fadhilah menggantikan posisi Anang Latif yang sebelumnya dicopot dari posisi Dirut BAKTI karena kasus korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G.

Dirut BAKTI yang baru ini ternyata bukan orang baru di lingkungan BAKTI. Nah, untuk mengenal lebih jauh soal Fadhilah Mathar, mari kita sedikit ‘kenalan’ dengan Fadhilah Mathar.

Fadhilah Mathar merupakan seorang lulusan IKIP Jakarta, lalu melanjutkan program Magister di Universitas Negeri Jakarta dan menyelesaikan pendidikan Doktoral di Universitas Indonesia pada 2015 di jurusan Manajemen Strategi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dalam pengalaman yang dibagikan lewat Linkedin pribadinya, Mathar sempat menjabat sebagai pelayan masyarakat di Kemenkominfo dan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Di 2010, Fadhilah bergabung ke dalam Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai Koordinator Pusat TIK Nasional.

Selanjutnya, Perempuan berusia 44 tahun ini menjabat sebagai Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI.

Tak hanya aktif sebagai Direktur di BAKTI, Fadhilah juga merupakan seorang dosen jurusan Teknik Informatika di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. 

Fadhilah akan menjabat sebagai Dirut BAKTI untuk periode 2023 hingga 2028 dengan berbagai tugas yang telah diarahkan oleh Presiden Jokowi dan Menteri Kominfo, salah satunya adalah menuntaskan segala proyek High Throughput Satellite (HTS), Hot Backup Satellite (HBS), Palapa Ring, BTS (Base Transceiver Station) dan juga akses internet.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini