icon-category Auto

Mengenal Garansi Mobil, Gak Semua Kerusakan Bisa Tercover

  • 11 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Uzone.id

Uzone.id - Setiap pembelian mobil baru sudah lumrah disertakan sebuah garansi. Mulai dari tiga tahun bahkan sampai ada yang tujuh dan delapan tahun. Namun, apa sebenarnya fungsi dari garansi dan apa saja yang dilindunginya?

Garansi resmi merupakan jaminan pabrikan dan dealer terhadap beberapa komponen mobil. Tujuannya, agar konsumen lebih nyaman dan tak khawatir saat ditemui kerusakan atau masalah di mobilnya.

BACA JUGA: Penampakan Chery Omoda 5 Versi Setir Kanan, Siap Dijual?

Pengertian warranty dan garansi mobil

Perlu diketahui, warranty dan garansi mobil punya definisi berbeda, lantaran ada beberapa yang menyamakan pengertian keduanya.

Warranty adalah jaminan tertulis atas kualitas produk dan pernyataan tanggung jawab produsen, untuk memperbaiki atau mengganti produk yang rusak secara cuma-cuma untuk setiap masalah desain atau produksi yang ditemukan di mobil.

Berlakunya masa warranty sesuai syarat dan ketentuan di buku servis, atau permintaan dan pemberitahuan khusus produsen mobil.

Sementara pengertian garansi mobil adalah jaminan atas pengerjaan jasa service (General Repair/Body Paint). Jadi ada perbedaan antara keduanya.

Garansi service atau perbaikan di Auto2000 misalnya, berlakunya yaitu 14 hari setelah pengerjaan general repair, dan 3 bulan setelah pengerjaan body paint di bengkel Auto2000.

Pengecualian warranty mobil

Pengecualian warranty adalah untuk komponen yang habis karena terpakai, kerusakan yang diakibatkan karena kesalahan pemakaian, atau karena faktor eksternal.

Tentu harus hati-hati saat ingin memodifikasi mobil karena bisa menggugurkan warranty.

Lingkup perbaikan warranty hanya meliputi biaya perbaikan, terdiri atas suku cadang dan jasa, yang dikeluarkan dengan sepatutnya untuk memperbaiki kerusakan yang ditanggung oleh Toyota.

Masa berlaku warranty mobil di Auto2000

Masa berlaku warranty di bengkel Auto2000 yaitu 3 tahun atau 100.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, terhitung dimulai tanggal penyerahan mobil ke pelanggan.

Khusus untuk baterai aki, masa berlaku warranty adalah 12 bulan atau 20.000 Km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Sedangkan untuk baterai mobil listrik Toyota bZ4X dan mobil All New Kjang Innova Zenix Hybrid, masa berlaku warranty adalah 8 tahun atau 160.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu.

Dengan adanya warranty, kita harus mengemudikan, menangani, dan merawat mobil Toyota dengan baik dan benar sesuai buku pedoman pemilik kendaraan dan buku warranty Toyota.

BACA JUGA: Kendaraan yang STNK-nya Hangus, Apakah Bisa Dihidupkan Lagi?

Selain itu, pelanggan juga wajib melaksanakan servis berkala di bengkel Auto2000 yang terdiri atas servis berkala 1.000 km atau 1 bulan pertama dan setiap kelipatan 10.000 km atau 6 bulan.

Servis berkala memastikan klaim warranty tidak gugur, jika suatu saat terjadi kerusakan karena catatan kondisi mobil dan rekaman perbaikan tercatat dengan baik.

Pelanggan wajib menyimpan bukti pelaksanaan servis berkala dalam masa warranty, di mana sewaktu-waktu dapat diperlihatkan sebagai bukti dilaksanakannya servis berkala.

Cara klaim warranty mobil ke bengkel Auto2000

Untuk mengklain warranty, tinggal membawa mobil Toyota dan buku warranty ke bengkel Auto2000 terdekat untuk mengklaim kerusakan yang terjadi.

Service advisor akan melakukan evaluasi klaim warranty. Jika sesuai dengan ketentuan, maka pihak workshop Auto2000 akan memulihkan kerusakan dengan cara perbaikan atau mengganti komponen yang rusak.

VIDEO Test Drive Suzuki Spresso:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini