Auto

Mengenal Motor Listrik Setara Motor Sport 300cc Buatan Anak Kampus

  • 15 January 2021
  • Bagikan :

    Foto: UBL

    Uzone.id - Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 yang kalau disingkat BL - SEV01 baru saja diperkenalkan. Motor listrik garapan anak-anak kampus.

    Universitas Budi Luhur dalam mengerjakan proyek BL-SEV01 ini menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan bengkel modifikasi motor Katros Garage.

    Motor listrik ini benar-benar dibuat dari nol dan performanya diklaim setara dnegan motor-motor konvensional bermesin 300cc.

    Baca juga: Alasan Apple Car Belum Akan Terealisasi di 2028

    "Blueprint-nya kolaborasi antara UBL, LIPI, dan Katros Garage. Secara mekanik dan sistem elektrifikasinya, ini benar-benar dibuat dari 0," papar Sujono, Kepala Studi Kendaraan Listrik UBL, dalam Webinar Launching Motor Listrik BL-SEV01.

    Motor listrik ini jelas masih prototipe dan belum melakukan pengujian langsung di kondisi real. Baru sebatas melakukan simulasi memanfaatkan software berdasarkan hitungan berat motor dan pengendaranya.

    "Hasilnya bisa sampai 130-160 km/jam berdasarkan uji di atas kertas. Dan tetap harus diuji lapangan, meskipun biasanya hasilnya tidak jauh berbeda,” kata Sujono.

    Motor listrik BL-SEV01 mengandalkan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

    Dengan sekali pengisian baterai sampai penuh yang butuh waktu sekitar 4 jam, motor bisa diajak berjalan sejauh 110 km.

    Motor diklaim bisa melaju hingga 110 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai cukup 4 jam.

    Sementara urusan rangka bangun dan desainnya, digarap Katros Garage. Andi Akbar, punggawa Katros Garage mengatakan, mendesain motor ini punya tantangan tersendiri.

    Ini jadi tantangan untuk Katros, karena mereka mengaku jarang mendapatkan project motor listrik. Jadi untuk membuat sebuah motor listrik, ini adalah hal baru. Semua motor ini dibuat dari nol, mulai rangka, bodi, serta kaki-kaki itu bagian tersulit.

    "Hampir semua pembuatan motor ini nggak ada yang gampang. Dan mekanismenya itu sangat baru bagi kita. Dan dipilih sport dengan tampilan futuristik untuk merepresentasikan kondisi sekarang," tutuP pria yang akrab disapa Atenx ini.

    VIDEO Diskon Pajak Mobil Baru & Jeritan Pedagang Mobil Bekas: