icon-category Auto

Mengenal Peran Filter Udara Pada Sepeda Motor, Sepele Tapi Penting!  

  • 05 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id  – Pernah dengar apa itu filter udara? Khususnya di sepeda motor? Nah, kalau belum, kalian harus mulai mengenal fungsinya, karena ini piranti sepele tapi penting yang sering diabaikan.

    Filter udara berfungsi untuk menyaring udara dari berbagai partikel asing, seperti debu atau kotoran yang akan masuk ke mesin, sehingga aliran udara ke ruang bakar menjadi bersih sehingga memaksimalkan proses pembakaran.

    Efek yang ditimbulkan kalau filter udara sudah kotor biasanya ditandai dengan tarikan mesin berat dan boros BBM.

    BACA JUGA: Eropa Bakal Pasang Fitur Anti-ngebut di Mobil, Indonesia Gak Mau Nyontek?

    Sebaliknya, tanpa filter udara, dijamin tarikan motor akan lebih plong. Gak heran di arena balap, banyak yang menggunakan open filter atau tanpa filter sekalian. Tapi jelas, ini bukan untuk kebutuhan harian.

    Filter udara terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu tipe kering yang dapat dibersihkan dengan menggunakan semprotan angin bertekanan dan tipe basah yang tidak bisa dibersihkan, namun memiliki daya saring lebih baik. 

    Kedua tipe filter udara ini tetap memerlukan pengecekan dan penggantian sampai batas pemakaian sewajarnya, sesuai dengan buku pedoman pemilik kendaraan.

    Biasanya, filter udara perlu di ganti dan sudah tidak bisa dibersihkan setelah dipakai dengan jarak tempuh motor 10 ribu km sampai 15 ribu km.

    Sepeda motor yang sering digunakan pada wilayah dengan polusi tinggi atau berdebu waktu penggantian filter udara menjadi lebih cepat.

    “Untuk menjaga performa sepeda motor, konsumen sangat diwajibkan untuk melakukan perawatan rutin mulai dari pengecekan berkala termasuk filter udara,”ungkap Riyadi Prihantono, Koord Manager After Sales & Motor Sport YIMM, dalam siaran pers yang diterima Uzone.id 

    VIDEO Daihatsu GranMax Pakai Mesin Xenia:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini