icon-category Gadget

Mengenal Prosesor Intel Core 12th Gen, Makin Kencang dan Efisien

Laptop dengan Intel Core 12th Gen 12 resmi tersedia di Indonesia (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Prosesor Intel Core 12th Gen telah diumumkan kehadirannya di Indonesia. Suksesor Intel Core 11th Gen itu merupakan prosesor pertama dengan arsitektur 7nm hybrid yang diklaim dapat menyemburkan tenaga yang menakjubkan, terutama untuk kebutuhan gaming.

Dijelaskan Director of Consumer Sales - Asia Intel, Cekiel Danielson, Intel Core generasi ke-12 menyediakan kinerja menjanjikan bagi laptop lintas segmen, mulai dari perangkat ringkas atau tipis maupun laptop gaming sekalipun.

“Intel Core 12th Gen membuat laptop ultra-tipis sampai laptop berperforma tinggi untuk para enthusiast menghadirkan kinerja terdepan dan teknologi yang mutakhir bagi konsumen maupun kalangan bisnis,” jelasnya.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Asus ROG Flow Z13

Intel Core generasi ke-12 dibangun berdasarkan fabrikasi 7nm hybrid. Dijelaskan Moushumi Mazumdar selaku Intel Asia Pacific & Japan Consumer Segment Director menjelaskan, arsitektur ini terdiri dari performance core dan efficient core.

Performance core atau P-core ini memberikan kinerja maksimal di setiap aplikasi atau game yang membutuhkan sumber daya yang besar. Sementara efficient core atau E-core, beroperasi ketika ada aplikasi berjalan di background atau saat pengguna menjalankan aplikasi ringan saja.

Soal konfigurasi CPU yang digunakan, Intel Core 12th Gen mengusung 14-core dan 20-threads. Spesifikasi tersebut jauh lebih tinggi ketimbang Intel Core generasi ke-11 model tertinggi yang memiliki 4-core/8-threads. Prosesor Intel Core 12th Gen juga sudah terintegrasi dengan kartu grafis atau GPU Intel Iris Xe generasi terbaru.

“Performa Intel Core 12th Gen 20% lebih baik pada single-threaded dan 60% untuk pekerjaan multitasking dibanding generasi sebelumnya,” jelas Moushumi.

Terdiri dari 4 Varian Prosesor

Lebih lanjut Moushumi menjelaskan, Intel Core 12th Gen terdiri dari 4 model prosesor, yakni U Series, P Series, H Series, serta HX Series. Semuanya mencakup berbagai segmen laptop yang ada, mulai dari mainstream, bisnis, laptop tipis, sampai laptop gaming.

P Series bekerja pada base power 28W dan dibuat untuk laptop tipis dan ringan. Prosesor ini memungkinkan laptop ultra thin memiliki kinerja yang tinggi, sehingga sangat pas digunakan untuk para kreator konten atau pekerja mobile.

Sama dengan P Series, U Series juga disiapkan untuk laptop ringan dan tipis. Kendati demikian, base power prosesor ini berkisar 9 hingga 15W.

“Intel Core 12th Gen P-Series pas untuk laptop yang tipis dan ringan. Prosesor ini mampu memberikan performa yang baik,” kata Country Marketing Manager Intel Indonesia, Silvester Widyo.

Baca juga: Dua Laptop Asus ROG Ini Bikin Gamer Auto Ngiler!

Intel Core 12th Gen H-Series tak kalah menarik. Prosesor ini begitu cocok dipakai untuk laptop gaming maupun laptop bagi para kreator konten. Dengan arsitektur P-core dan E-core, prosesor tersebut dapat membagi beban kerja untuk memberikan kinerja yang efektif dan efisien.

Model terakhir, HX-Series yang dibuat untuk laptop bisnis maupun tingkat profesional. Prosesor ini memberikan kinerja tingkat tinggi untuk penggunaan aplikasi yang membutuhkan proses kompleks, seperti CAD, animasi, hingga efek visual.

Intel Core 12th Gen HX-Series menawarkan sampai 16-core (8 P-core dan 8 E-core) serta 24-threads dengan base power 55W. Moushumi memastikan laptop dengan chipset ini akan diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat.

Fitur Intel Core Generasi ke-12

Tak cuma CPU dengan kekuatan yang tinggi, prosesor Intel Core generasi ke-12 juga memiliki ragam fitur canggih sebagai andalannya. Prosesor ini sudah mendukung RAM dengan kapasitas luas untuk jenis DDR5/LPDDR5 dan DDR4/LPDDR4 hingga 4.800 MT/s.

Chipset terbaru ini juga memiliki konektivitas dengan kecepatan tiga kali lebih cepat. Menggunakan Intel WiFi 6E (Gig+) yang terintegrasi untuk memberi kebebasan kepada pengguna untuk bekerja dan belajar dari rumah, maupun bersantai dengan streaming yang mulus dan berkualitas tinggi.

Untuk ketersediaan port, tersedia juga teknologi Thunderbolt 4 yang memberikan kecepatan transfer data sampai 40 Gbps dan konektivitas PC ke beberapa monitor beresolusi 4K dan berbagai aksesori lainnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini