home ×
Digilife

Mengenal Reels, Fitur Baru Instagram yang Jiplak TikTok

25 June 2020 By
Mengenal Reels, Fitur Baru Instagram yang Jiplak TikTok
Share
Share
Share
Share

(Foto: dok. Instagram)

Uzone.id -- Lama-lama ‘tukang jiplak’ cocok menjadi panggilan Instagram. Setelah mencontek Snapchat dengan menghadirkan fitur Stories, kini Instagram tampak siap memperluas penggunaan fitur bernama Reels yang mirip dengan TikTok.

Yup, Reels merupakan fitur yang sama seperti TikTok yang menyuguhkan kemampuan edit video agar mempermudah pengguna dalam merekam video-video kreatif. Contohnya, Reels memiliki opsi yang bisa menghitung mundur waktu, hingga kemampuan untuk menyesuaikan kecepatan video dan efek-efek lain.

Reels Instagram sebenarnya sudah dirilis di Brasil pada 2019, namun perusahaan siap untuk memperluas akses Reels di sejumlah negara lain seperti Prancis dan Jerman.

Baca juga: Sebentar Lagi Kreator Bisa Jualan Langsung di Instagram

Mengutip TechCrunch, cara kerja Reels sama seperti halnya satu video Stories, yakni berdurasi 15 detik yang dapat ditambahkan musik dan audio lain. Kurang lebih memang sama seperti TikTok yang identik dengan berbagai macam lagu sebagai latar video.

Selain untuk menyaingi TikTok, hadirnya Reels ini diyakini sebagai ruang tambahan bagi para pengguna yang ingin berkarya dan memamerkan hasil video pendeknya supaya berpotensi viral.

Kisah menarik di balik Reels adalah, awalnya fitur ini hanya akan tersedia di dalam Instagram Stories. Namun, komunitas Instagram mengatakan bahwa mereka menginginkan adanya kemampuan baru agar video Reels dapat dibagikan secara permanen.

(Foto: dok. Instagram)

Baca juga: Ini Total Pengguna Instagram di Indonesia Per Mei 2020

Mereka juga ingin memiliki kesempatan untuk memperluas konten Reels lebih luas lagi, tak cuma sekadar berada di Stories. Dengan kata lain, mereka mau Instagram menyediakan ruang khusus konten Reels agar dapat ditonton oleh banyak orang. Begitupun dengan video Reels orang lain yang dapat dinikmati juga secara terbuka.

Nah, dengan ekspansi fitur Reels di Jerman dan Prancis, Instagram telah memindahkan platform Reels di ruang khusus di dalam profil pengguna, serta di kolom Explore.

Kehadiran Reels juga dianggap dapat meningkatkan rasa familiar pengguna terhadap opsi-opsi edit video yang serba kekinian. Meski begitu, tantangan yang kira-kira bakal dihadapi adalah perbedaan konten yang akan digunakan di sejumlah platform Instagram, mulai dari Feed, Stories, hingga Reels.

Jika membandingkan dengan TikTok, media sosial ini kerap diisi oleh pengguna yang gemar menari, membuat lelucon dan meme, tips, nyanyi lip-sync, dan hal-hal menghibur lainnya.

Sampai saat ini belum ada kepastian apakah fitur Reels akan benar-benar dirilis secara global, atau baru di negara-negara terpilih saja.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 26 June 2020 | 07:17:18

melanggar hak cipta gaj kalo seperti itu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article