icon-category Digilife

Mengenal Richard Branson, Wisatawan Pertama ke Luar Angkasa

  • 12 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Richard Branson. (Foto: Twitter Virgin Galactic @virgingalactic)

    Uzone.id - Richard Branson tengah menjadi pembicaraan belakangan ini. Salah satu pria terkaya di dunia itu telah menjadi orang pertama yang berwisata ke luar angkasa. Ia menikmati perjalanan menuju orbit pada 11 Juni 2021 menggunakan pesawat luar angkasa miliknya sendiri, Unity 22.

    Pesawat luar angkasa tersebut dikembangkan oleh perusahaannya sendiri, Virgin Galactic. Selain dikenal sebagai pengusaha, pria kelahiran 18 Juli 1950 itu juga diketahui sebagai petualang. Seperti dikutip Uzone.id dari Britannica, Richard pernah mencetak rekor untuk balapan perahu motor dan balon udara panas.

    Baca juga: Richard Branson Jadi Wisatawan Pertama ke Luar Angkasa

    Setelah memutuskan untuk keluar dari sekolah, Richard mendirikan usaha pertamanya berupa majalah bernama Student. Saat majalahnya mulai merugi pada akhir 1960-an, Richard membangun Virgin Mail Order Record untuk mengumpulan dana. Kemudian pada tahun 1970an, ia membuka toko rekaman bernama Virgin Record.

    Setelah itu, ia mendirikan beberapa usaha dan membentuk Virgin Galactic, perusahaan pariwisata luang angkasa, pada tahun 2004. Berwisata ke luar angkasa memang telah menjadi ambisinya sejak lama.

    Baca juga: Usai Richard Branson, Elon Musk Pun Bakal ke Luar Angkasa

    "Saya selalu ingin pergi ke luar angkasa sejak saya kecil, dan saya juga ingin ratusan ribu orang bisa ke sana dalam kurun 100 tahun dari sekarang. Jika bisa, kenapa tidak? Luar angkasa merupakan tempat yang luar biasa,” ujar Richard, seperti dikutip dari BBC, Senin, 12 Juli 2021.

    Lebih lanjut, ia menyatakan, “Alam semesta sangat menakjubkan. Saya ingin orang bisa melihat betapa indahnya bumi kira, lalu pulang dengan perasaan senang dan mau menjaga alam ini,"

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini