home ×
Digilife

Mengenal Tren Baru di Dunia Aset Digital, Non-Fungible Token NFT

29 March 2021 By
Mengenal Tren Baru di Dunia Aset Digital, Non-Fungible Token  NFT
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Non-Fungible Token atau NFT kini menjadi tren dikalangan para seniman, khususnya seniman digital. NFT sederhananya adalah sebuah sertifikat kepemilikan aset digital yang bisa mengesahkan bahwa anda merupakan pemilik dari sebuah karya digital.

Dengan adanya NFT, keaslian sebuah karya digital dapat dibuktikan meskipun duplikat dari karya ini beredar didunia maya. Tentu ini sangat menguntungkan karena seringkali orang-orang tertipu antara karya yang orisinil dan karya tiruan. Bukti kepemilikan ini akan masuk pada sebuah sistem yang mencatat data dari seluruh dunia, Blockchain. Blockchain nantinya akan merekam dan mencatat jejak digital hak kekayaan intelektual sebuah karya.

Baca juga: Karya Digital Terjual Rp992 miliar

Fungible Token dan Non-Fungible Token
NFT memiliki perbedaan dengan mata uang kripto seperti Bitcoin. Bitcoin merupakan Fungible Token yang tak bisa ‘ditukarkan’ dengan aset fisik maupun aset digital lain. Sedangkan untuk NFT yang bersifat unik, tak bisa digantikan oleh token lain. Setiap tokennya memiliki kode dan informasi yang berbeda satu sama lain.

NFT tak bisa sembarang ditukar dengan Bitcoin karena tak bisa diukur menggunakan ekuivalensi yang sama. Namun, Bitcoin bisa ditukar dengan mudah asalkan nilai yang dimiliki sama. NFT takkan bisa diduplikasi apabila sudah dienkripsi dalam sistem blockchain serta akan memiliki nomor kode serta metadata unik dan tak bisa direplikasi.

Biasanya, kripto berbasis NFT dibuat dibawah jaringan Etherium, ERC-1155 dan ERC-721. Kode unik ini dapat melacak histori penjualan seperti siapa yang menjual dan membeli serta value dari karya tersebut.

Keunikan NFT
Keunikan yang dimiliki oleh non-fungible token memiliki sifat langka dan eksklusif. Dua poin ini mendorong para peminatnya untuk memiliki barang yang tidak dimiliki sembarang orang, khususnya para kolektor didunia digital yang mengincar NFT langka dan satu-satunya di dunia.

Baca juga: Pendiri Twitter Lelang Cuitan Pertamanya

Unik, langka dan eksklusif menaikkan nilai dari aset kripto NFT menjadi semakin tinggi karena akan banyak pegiat aset kripto yang rela mengucurkan modal besar untuk memiliki sebuah NFT.

Tiga tahun lalu, pasar aset NFT tak lebih dari 43 juta dolar, namun pada tahun 2020 NFT mengalami kenaikan dengan total 338 juta dolar AS. Data ini didapat dari laman forbes dan merupakan estimasi sebuah situs yang memonitor kegiatan pasar aset NFT, nonfungible.com

Kegiatan penjualan NFT ini bertumbuh semakin tinggi. Di bulan Februari saja sudah mencapai lima kali lipat dari 2020, dengan nilai sebesar USD 310 juta.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id