icon-category Gadget

Menggenggam Oppo Find N3: Lebih Mewah, Kuat, Kamera Hebat

Uzone.id - Oppo Find N3 resmi meluncur ke pasaran global. Smartphone lipat ini juga dipastikan masuk ke Indonesia, sekaligus menjadi pesaing sepadan foldable phone lainnya yang sudah rilis duluan, Samsung Galaxy Z Fold5.

Oppo Find N3 dibanderol dengan harga SGD2.399 atau setara Rp27,6 jutaan di Singapura. Ponsel ini tersedia dalam dua varian warna, yakni Black dan Gold. 

Belum ada informasi kapan Oppo Find N3 akan dijual resmi di Indonesia. Nah, sambil nungguin ponsel ini dijual resmi di Indonesia, tim Uzone.id berkesempatan untuk menjajal langsung Oppo Find N3. Awas naksir, Uzoners!

Lebih tinggi, lebarnya sama

alt-img

Oppo Find N3 punya form factor yang lebih tinggi dibanding seri sebelumnya, Find N2. Maklum, ponsel ini mengusung layar 6,3 inci pada bagian cover-nya, dan saat ponsel ini dibuka, layar bagian dalamnya juga lebih luas menjadi 7,82 inci.

Kendati lebih tinggi, dimensi lebar ponsel ini masih sama persis dengan Oppo Find N2 ketika dilipat. Menurut Oppo, lebar Oppo Find N2 sudah cukup untuk memudahkan pengguna mengoperasikan layar cover dengan satu tangan saja.

alt-img

Untuk menampilkan konten juga lebih pas, lantaran rasionya sudah mendekati ponsel mainstream zaman sekarang. Gak cuma itu, ngetik misalnya, typo bisa diminimalisir lagi, karena tampilan keyboard bakal lebih pas dan tak terlalu kecil buat jari.

Layar lebih luas, engsel makin kuat

alt-img

Kalau dibandingkan Oppo Find N2, Find N3 memang mengusung layar yang lebih luas, baik di dalam maupun luarnya. Untuk cover screen, Oppo Find N3 mengusung layar LTPO AMOLED seluas 6,3 inci.

Gak cuma lebih luas dari sebelumnya yang hanya berukuran 5,54 inci saja, resolusinya juga lebih tinggi. Layar luar Find N3 dapat menampilkan konten di resolusi maksimal 2.484 x 1.116 piksel.

Didukung pula dengan refresh rate 120Hz, HDR10+, Dolby Vision, hingga intensitas cahaya yang menyentuh 2.800 nits. 

Saat ponsel dibuka, terpampang layar 7,82 inci dengan resolusi 2.440 x 2.268 piksel yang memiliki teknologi serupa. Oppo Find N3 belum menganut teknologi under display camera, karena masih disematkan lubang kamera di sudut kanan atas layarnya.

alt-img

Lebih baik dari sebelumnya, berkat struktur engsel Flexion Hinge yang baru, jejak lipatan di tengah-tengah layar bisa diminimalisir. Oppo mengklaim, jejak lipatan pada layar ini paling landai daripada foldable phone lain di kelasnya.

Dengan mekanisme engsel yang baru pula, ketahanan ponsel untuk buka-tutup jauh lebih tinggi dari sebelumnya. Dari pengujian internal Oppo yang sudah disertifikasi TUV Rheinland, Find N3 bisa dibuka dan ditutup hingga 1 juta kali.

Untuk diketahui, Flexion Hinge mengandung liquid metal berbahan dasar zirconium. Dengan ukuran 15 persen lebih kecil dibanding generasi sebelumnya, sehingga bisa membuat Find N3 lebih tipis dan ringan.

Engsel generasi terbaru ini juga didukung oleh aircraft-grade steel. Metal yang paling kuat yang pernah digunakan, 5x lebih kuat dibanding baja tahan karat biasa.

Boundless View

alt-img

Oppo Find N3 gak cuma menawarkan layar yang lebih luas, tapi benar-benar memaksimalkannya dengan fitur baru yang memudahkan pengguna buat multitasking.

Fitur ini memanfaatkan luas layar bagian dalam Oppo Find N3, yakni Boundless View. Dengan fitur tersebut, layar 7,82 inci seolah-olah bisa di-expand menjadi 15 inci, memungkinkan pengguna menjalankan sampai tiga aplikasi bersamaan dengan tampilan yang penuh.

Fitur ini lebih baik dari sekadar split screen atau menampilkan aplikasi secara pop-up. Lewat fitur ini, pengguna bisa menjajarkan aplikasi dengan tampilan penuh, baik secara vertikal atau horizontal. 

alt-img

Untuk mengaktifkannya, tinggal drag & drop ikon aplikasi yang ada di Taskbar ke bagian tengah layar. Untuk mengatur posisinya, tekan saja tepian jendela aplikasi untuk menyesuaikan posisinya secara vertikal atau horizontal.

Ada 3 speaker!

alt-img

Visualnya sudah maksimal, baik di luar dan belakang. Dikombinasikan pula dengan sistem audio yang menggelegar. 

Bak tablet Android saja, Oppo Find N3 mengusung tiga speaker dengan fitur Spatial Audio. Suaranya terasa lantang dan tidak noise ketika volume diset maksimal.

Ditenagai Snapdragon 8 Gen 2, RAM up to 28 GB!

alt-img

Di sektor dapur pacunya, Oppo Find N3 ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2. Prosesor ini masih sangat mumpuni untuk menunjang berbagai kegiatan multitasking atau gaming pengguna.

Disertakan pula RAM 16 GB berjenis LPDDR5x yang bisa diperluas secara virtual sampai 12 GB, serta memori penyimpanan up to 512 GB berjenis UFS 4.0.

Untuk menopang dayanya, Oppo menyematkan baterai dengan kapasitas 4.805 mAh yang mendukung fast charging hingga 67W, memungkinkan pengisian daya bisa selesai dalam waktu 42 menit saja.

Ponsel lipat pertama dengan tiga kamera Hasselblad

alt-img

Kalau kalian kecewa Oppo Find X6 Pro gak masuk ke Indonesia, padahal sudah ngiler pengin nyobain kamera Hasselblad-nya, tenang ada Oppo Find N3 yang tak kalah cakep kameranya.

Oppo Find N3 diklaim menjadi smartphone lipat pertama di dunia dengan tiga kamera Hasselblad yang setara kemampuannya dengan smartphone flagship.

Seperti Find X6 Pro, Oppo Find N3 juga mengusung tiga kamera belakang Hasselblad, terdiri dari kamera utama dengan sensor 48 MP Sony LYTIA-T808 yang sudah mendukung optical image stabilization (OIS). 

Sensor ini berukuran 1/1.35" atau 20 persen lebih besar dari foldable lainnya. Plus, memiliki lensa dengan focal-length setara 24mm. 

alt-img

Kemudian ada kamera telephoto dengan lensa periskop, pertama juga buat perangkat foldable. Kamera ini menggunakan sensor 64 MP yang didukung OIS. 

Kamera ini dapat menangkap gambar dengan perbesaran optikal sampai 6 kali. Adapun untuk perbesaran digitalnya, Oppo memberikan sampai 120x digital-zoom.

Lalu ada kamera ultrawide 48 MP dengan sensor Sony IMX581. Sementara di depan, ada kamera 20 MP di bagian cover dan kamera selfie 32 MP pada layar bagian dalamnya. 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini