home ×
Digilife

Mengungkap Teori Konspirasi Orang di Balik Bitcoin

25 January 2021 By
Mengungkap Teori Konspirasi Orang di Balik Bitcoin
Share
Share
Share
Share

Uzone.id –Cryptocurrency atau mata uang kripto belakangan sedang banyak diminati, khususnya bagi mereka yang tertarik untuk berinvestasi di dunia digital.

Saat ini tercatat ada beberapa jenis mata uang kripto yang banyak digunakan, antara lain Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Ripple, dan Monero.

Selain nama-nama tersebut, masih ada lebih dari 1.000 mata uang kripto yang sekarang beredar di seluruh dunia. Namun, di antara sekian banyak jenis mata uang kripto, ada satu yang sejak awal kemunculannya mencuri banyak perhatian dan menjadi semakin populer belakangan ini, Bitcoin.

Bitcoin jadi aset mata uang kripto yang paling banyak diminati karena pertumbuhan nilainya yang pesat terutama dalam satu tahun terakhir, bahkan berhasil memecahkan rekor sebagai pertumbuhan nilai mata uang kripto tertinggi sepanjang sejarah, kenaikannya tembus sampai 400 persen!

Baca juga: Apakah Bitcoin Investasi yang Menguntungkan?


Di balik perkembangannya yang pesat, rupanya masih ada misteri yang belum terkuak di balik keberadaan salah satu jenis mata uang kripto satu ini, yaitu sosok pembuatnya yang sejak awal sangat misterius.

Satoshi Nakamoto, nama dengan profil yang sebenarnya masih dipertanyakan sampai saat ini, walau nama tersebut identik dengan Jepang, tapi tidak ada informasi pasti apakah Nakamoto adalah nama dari orang pribadi atau sekelompok tim yang menciptakan bitcoin.

Awal Mula Kemunculan Bitcoin

Awalnya, bitcoin dikembangkan oleh Nakamoto di tahun 2008, dan dirilis secara terbuka pertama kali pada 9 Januari 2009 dengan bitcoin versi 0.1.0. Transaksi trade Bitcoin pertama terjadi antara Nakamoto dengan seorang developer bernama Hal Finney.

Dalam sebuah postingan blog di tahun 2013, Finney membagikan cerita pertama kali dirinya berinteraksi dengan sosok Nakamoto dan menjadi pembeli pertama bitcoin, Finney menemukan proposal Nakamoto tentang bitcoin melalui milis cryptocurrency dan akhirnya melakukan transaksi pertama sebanyak 10 bitcoin.

Foto: Unsplash)


Dalam postingan tersebut pula, Finney yang pertama kali mengungkap dugaan sosok Satoshi Nakamoto yang merupakan seorang pemuda keturunan Jepang yang dianggap brilian, sayangnya tidak ada informasi lebih jauh soal identitas Nakamoto yang seakan menutup diri dan menolak memberikan informasi pribadi.

Hal Finney yang meninggal di tahun 2014 pun masih belum mengungkap sosok asli Nakamoto yang masih menjadi misteri baginya, tapi banyak yang berspekulasi kalau Finney yang meninggal di tahun 2014 sebenarnya adalah Satoshi Nakamoto sendiri walau hal tersebut sudah dibantah secara tegas oleh Finney.

Baca juga: Naik 400 Persen dari Tahun Lalu, Dua Bitcoin Kini Setara Rp1 Miliar

Dua tahun sejak perilisan Bitcoin ke publik tepatnya di bulan April 2011, sosok Nakamoto mengirim email singkat kepada pengembang bitcoin, Mike Hearn, email tersebut berisi file penting termasuk cara kerja Bitcoin yang membuat keberadaan mata uang kripto tersebut meroket seperti sekarang.

Sosok Satoshi Nakamoto Palsu

Kalau mengetik kata 'Satoshi Nakamoto' di mesin pencari, maka sosok yang akan muncul adalah seorang pria Asia berusia lanjut bernama Dorian S. Nakamoto, yang memang memiliki nama Satoshi Nakamoto saat lahir.

Dorian Nakamoto (Foto: Ist)

Pria yang saat ini berusia sekitar 70-an tahun tersebut sempat membuat kehebohan di tahun 2014 karena diduga sebagai sosok dibalik terciptanya bitcoin, tidak tahan mendapat desakan dari berbagai wartawan yang terus mengikutinya untuk mengungkap penciptaan bitcoin, Dorian Nakamoto akhirnya membuat pernyataan kalau dirinya sama sekali tidak ada hubungan apapun dengan bitcoin.

Sehari setelahnya, sosok misterius Satoshi Nakamoto yang sebenarnya muncul di forum online dan membuat pernyataan singkat: "Saya bukan Dorian Nakamoto (pria yang saat itu diberitakan).”

Tokoh Teknologi Dunia Diduga Satoshi Nakamoto Asli

Setelah peristiwa tersebut, berbagai tokoh teknologi dunia banyak disebut sebagai sosok asli 'Satoshi Nakamoto'.

Beberapa di antaranya ada yang menyatakan klaim sepihak sebagai sosok dibalik nitcoin, salah satunya Craig Steven Wright, seorang ilmuwan computer asal Australia yang masih bersikeras sebagai salah satu orang dalam tim yang membuat bitcoin.

Baca juga: Tren Bitcoin di Indonesia Melejit saat Pandemi

Tidak bisa memberikan bukti soal pengakuannya, pendukung bitcoin dan pakar industri mata uang kripto mengabaikan Wright yang belakangan ini bahkan aktif menempuh berbagai jalur hukum untuk membuktikan pengakuannya.

Nick Szabo, seorang ilmuwan komputer asal Amerika Serikat juga ikut disebut sebagai sosok dibalik bitcoin pada awal kemunculannya, tapi dirinya dengan tegas membantah kalau ia bukan Satoshi Nakamoto melalui cuitan di Twitter.

 


Menariknya, nama Elon Musk juga ikut terseret dicurigai sebagai sosok Satoshi Nakamoto yang asli, dan dengan tegas langsung dibantah oleh bos Tesla dan SpaceX ini.

ELon Musk

Selain deretan nama di atas, ada 13 nama lain yang disebut kandidat potensial sebagai sosok asli Satoshi Nakamoto, di antaranya ahli matematika asal Jepang Shinichi Mochizuki, pengembang software Gavin Andresen, programmer asal Amerika Jed McCaleb dan masih banyak lagi.

Sudah sekitar 12 tahun sejak pertama kemunculannya, saat ini Bitcoin menembus rekor tertinggi sepanjang sejarah dengan nilai Rp500 Juta untuk 1 Bitcoin. Tapi, masih belum ada titik terang mengenai siapa sosok asli dibalik pembuatannya. Siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article