icon-category Auto

Dirakit Lokal di Indonesia, Omoda 5 EV Ancam Ioniq 5 di Januari 2024

  • 17 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Wuhu, China, Uzone.id - Hyundai Ioniq 5 bakal kedatangan lawan tangguh sebentar lagi, tepatnya di Januari 2024 ketika Chery bersiap untuk merakit lokal Omoda 5 EV dan memasarkannya di Indonesia.

Dengan dirakit lokal, besar kemungkinan Omoda 5 EV juga bakal mendapat insentif pajak mobil listrik dari pemerintah, yang harapannya bakal punya harga jual yang lebih kompetitif—bukan tidak mungkin akan lebih murah dari Hyundai Ioniq 5.

Shawn Xu, Presiden PT Chery Sales Indonesia dan Vice President Chery International, mengatakan  pihaknya sedang persiapkan kegiatan perakitan seluruh kendaraannya di pabrik mitranya, PT Handal, yang berada di Pondok Ungu, Bekasi Barat, Jawa Barat.

"Kami perkirakan bulan depan (November) akan mulaioperasi perakitan (CKD) secara penuh," ujar Shawn saat dijumpai di Chery International User Summit 2023 yang digelar di kantor Chery International di Wuhu, China, yang dihadiri Uzone.id.

Setelah full CKD, lanjut Shawn, pihaknya akan mulai merakit lokal mobil listrik Omoda 5 EV. "Kami perkirakan CKD-nya mulai Januari atau Februari tahun depan," tambahnya.

Lokalisasi dengan kegiatan perakitan (CKD) sangat penting bagi Chery di Indonesia. Sebab Chery percaya dengan lokalisasi produk secara full, Chery akan mendapat lebih banyak keuntungan di Indonesia dari sisi biaya dan strategi pasar ekspor.

"Dengan lokalisasi 40 persen, Chery berharap produk-produk yang dirakit di Indonesia dapat juga diekspor ke beberapa negara, terutama di ASEAN." ujarnya lagi.

Chery International memiliki sepuluh pabrik CKD di beberapa negara dan hadir di lebih dari 80 negara dan wilayah, serta membentuk jaringan global luas, lebih dari 1.500 outlet. 

Ke depan, Chery International ingin memperluas kehadiran di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) dan pasar setir kanan lainnya.

Setelah full CKD di Indonesia, Chery juga akan mengembangkan kegiatan riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini