home ×
Telco

Menkominfo: Telkomsel Uji 5G Mulai Hari Ini

19 May 2021 By
Menkominfo: Telkomsel Uji 5G Mulai Hari Ini
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Bertepatan usai perayaan Idulfitri, operator Tanah Air seperti Telkomsel langsung geber Uji Layak Operasi (ULO) jaringan 5G.

Hal ini dikonfirmasi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate pada Rabu, 19 Mei 2021.

“Hari ini Telkomsel sudah mulai melangsungkan ULO sampai besok,” ungkap Johnny melalui pesan singkat WhatsApp, Rabu (19/5).

Baca juga: Dua Operator Siap Komersialkan 5G?

Sementara untuk rencana komersialisasi jaringan 5G, Telkomsel mengatakan semua bergantung pada kesiapan ekosistem secara menyeluruh. Dari sisi operator, Telkomsel mengaku akan terus mempersiapkan implementasi layanan 5G di Indonesia dengan berkolaborasi dan berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan.

“Kesiapan implementasi jaringan 5G ini dapat dilakukan melalui kolaborasi dan koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait, mulai dari mitra penyedia infrastruktur dan teknologi, mitra penyedia perangkat, mitra penyedia platform aplikasi, dan terutama pemerintah selaku pemegang otoritas,” tutur VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin kepada Uzone secara terpisah.

Ia melanjutkan, “semua ini dilakukan agar implementasi 5G sesuai regulasi dan dapat memberikan manfaat optimal bagi semua lapisan masyarakat.”

Baca juga: Indosat Selangkah Lagi Komersialkan 5G di Indonesia

Diketahui selama ULO 5G, Telkomsel disebut akan menggunakan pita frekuensi radio 2,3GHz untuk menggelar jaringan penerus 4G itu. Jika proses ULO ini lulus, maka Telkomsel dapat langsung menggelar 5G secara komersil.

Sementara itu, operator lain yakni Indosat Ooredoo juga telah menyatakan pihaknya sedang mempersiapkan diri untuk menjalankan ULO 5G.

“Betul, saat ini Indosat Ooredoo terus berkoordinasi intensif dengan Kemkominfo untuk seluruh proses ULO 5G,” ungkap Steve Saerang selaku SVP Corporate Communications kepada Uzone, Rabu (19/5).

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id