home ×
Digilife

Menyiasati Aplikasi Sekolah Online dengan Perangkat yang Tepat

09 October 2020 By
Menyiasati Aplikasi Sekolah Online dengan Perangkat yang Tepat
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.idHampir 8 bulan sudah pandemi Covid-19 menghantui warga dunia. Bekerja dan belajar pun terus dilakukan di rumah. Beruntung kita sudah hidup di zaman teknologi canggih, dimana perangkat dan aplikasi bisa membuat kita beraktivitas tanpa terhalang jarak dan waktu.

Orang tua kerap direpotkan dengan aplikasi sekolah online yang banyak di satu perangkat. Oleh karena itu tidak jarang banyak pelajar yang kerap mengeluh ke orang tua jika smartphone-nya terkadang bermasalah. Nah, untuk bisa menampung aplikasi dan performa aplikasi-aplikasi tersebut, orang tua harus pintar-pintar memilih perangkat.

Berdasarkan pantauan kami, setidaknya ada 5 aplikasi pendukung yang kerap digunakan oleh para pelajar itu. Dari aplikasi tersebut, kami rekomendasikan beberapa perangkat yang bisa digunakan. 

Google Classroom

Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa. 

Photo 1 - Galaxy A01 - Google Classroom_

Dibutuhkan perangkat dengan kapasitas storage yang besar agar pengunduhan file-file belajar bisa berlangsung dengan lancar dan bisa disimpan di smartphone. Di sini, Samsung Galaxy A11 bisa jadi perangkat andalan karena memiliki kapasitas memori yang sesuai. Kapasitas RAM di Galaxy A11 sebesar 3GB dan memori internalnya mencapai 32GB, yang bisa diperluas sampai 512GB dengan tambahan microSD.

Google Meet

Google Meet kerap digunakan beberapa kali seminggu oleh guru untuk bisa bertatap muka sesekali. Google Meet memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dengan 30 pengguna lainnya per pertemuan. Dengan kata lain, Google Meet bisa menjadi media alternatif untuk bersosialisasi dengan rekan kantor atau bahkan melakukan rapat kerja.

Kamera yang baik dan prosesor yang mumpuni akan membuat tatap muka lebih lancar. Makanya dibutuhkan resolusi kamera di smartphone dan prosesor yang sama-sama mumpuni

Untuk tatap muka di Google Meet, kamu cukup gunakan kamera dengan resolusi 5MP yang ada di Samsung Galaxy A01 atau Galaxy A01 Core. Itu cukup untuk membuat wajah kamu terpampang nyata di Google Meet. 

Zoom

Selain Google Meet, aplikasi Zoom juga digunakan sebagai alternatif. Sama dengan Meet, Zoom menggunakan video untuk berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi ini kerap digunakan untuk melakukan tatap muka. Ini juga dibutuhkan perangkat dengan kamera yang baik dan prosesor yang mumpuni agar wajah kita bisa terlihat jelas oleh teman-teman yang kangen bertatap muka.

Kalau kamu punya budget yang terbatas, bisa memilih Samsung Galaxy A01. Kamera depannya dibekali resolusi 5MP. Ini bisa kamu gunakan untuk bertatap muka dengan Zoom. Sedangkan di belakangnya ada 2 kamera. Satu kamera dibekali resolusi 13MP sebagai lensa utama, sedangkan lensa 2MP untuk foto bokeh.

Photo 4 - [A01 Core] - YouTube Go

Atau untuk kamera yang lebih lumayan, bisa andalkan kamera di Samsung Galaxy A11. Kamera depan beresolusi 8MP bisa lebih terang saat wajah ada di layar Zoom. Kamera belakangnya ada 3. Untuk yang utama memiliki resolusi 13MP, ditemani kamera resolusi 5MP dan 2MP.

WhatsApp

Untuk urusan perbincangan kecil, biasanya guru dan murid menggunakan aplikasi WhatsApp. Misalnya untuk absensi, atau mengingatkan murid mengerjakan tugas. WhatsApp juga sering digunakan untuk murid berinteraksi satu sama lain, dengan teman-teman sekolah. Dibutuhkan smartphone dengan memori yang besar agar bisa melakukan back-up chat di WhatsApp. Atau merekam tugas dalam format video. 

Smartphone dengan prosesor MediaTek MT6739 Quadcore 1.5GHz 64 bit, cukup untuk memenuhi kebutuhan chat dan transfer file lewat Whatsapp dengan lancar. Prosesor MT6739 digunakan di Samsung Galaxy A01 Core. 

Umeetme

Sebagai alternatif untuk aplikasi tatap muka, Umeetme juga bisa digunakan oleh murid dan guru. Semua fitur yang ada di sana hampir sama dengan apa yang ada di Google Meet dan Zoom. Apalagi, mulai tahun depan Google Meet tak lagi gratis, Zoom juga sudah tak gratis selamanya sehingga bagi yang ingin mencari akses gratis untuk tatap muka, bisa menggunakan Umeetme

Resolusi kamera depan 5MP cukup untuk merekam wajah kamu agar bisa ikut tatap muka di Umeetme. Sekali lagi kamera 5MP itu ada di Galaxy A01 dan Galaxy A01 Core. Apalagi jika ditambah dengan kapasitas baterai yang tahan lama. Cukup dengan kapasitas baterai 3000 mAh.

Pijar Sekolah

Ini merupakan platform yang cukup lengkap untuk melakukan sekolah online. Sekolah dimudahkan dengan fitur-fitur di dalamnya. Mulai dari monitoring aset, pencarian data, dan pembuatan laporan.

Jika menggunakan Pijar Sekolah selama seharian penuh, dibutuhkan smartphone dengan kapasitas baterai yang lebih besar lagi. Seperti Samsung Galaxy A11 yang punya kapasitas baterai 4000 mAh. Bisa bertahan sampai seharian lebih jika digunakan dengan aktif. 

YouTube GO

Orang tua yang membutuhkan video tutorial mengenai pemecahan suatu mata pelajaran kepada anak, bisa langsung mengunduh materi tersebut lewat fitur download yang ada, jadi ketika ingin mengulang video tersebut orang tua tidak akan menghabiskan kuota internet lagi untuk melakukan streaming di layar 5,3 inci PLS berkualitas HD+ yang ada di Galaxy A01 Core.

Google Go

Siswa juga sering diminta untuk membuat video sebagai tugas. Fitur Google Go membantu siswa melakukan pencarian sumber informasi dari internet. Selain itu, beragam aplikasi lain dari Android GO yang siap berkontribusi pada proses belajar-mengajar online antara lain: Camera Go untuk memaksimalkan hasil foto dari kamera belakang 8MP dan 5MP kamera depan, dan Gmail Go untuk mengirim tugas. Penyimpanan tugas atau file belajar bisa dilakukan di Galaxy A01 Core juga dilengkapi dengan slot memori card external yang dapat menampung file hingga 512GB.

Perangkat yang baik pun harus didukung dengan kuota yang sesuai. Lewat program Samsung Semangat Tetap Sekolah, Galaxy A01 Core dapat diperoleh hanya dengan harga Rp999.000,- untuk varian 1/16GB dan Rp1.149.000,- untuk varian 2/32GB. Pembeli akan mendapatkan bonus kuota internet hingga 24GB selama setahun dari Indosat Oreedoo, cukup dengan melakukan pengisian ulang Rp20.000,- setiap bulan. Bonus kuota ini tidak akan memotong nominal pulsa yang diisi oleh pelanggan.

Bahkan pengguna bisa mendapatkan tambahan paket kuota internet IMClass sebesar 30GB dengan cukup membayar Rp1,- berlaku satu kali pembelian. Kuota IMClass dapat digunakan untuk mengakses beragam aplikasi pembelajaran seperti Ruang Guru, Quipper, Sekolahmu, Rumah Belajar, Zenius serta akses ke situs 300 perguruan tinggi di Indonesia. Untuk para orang tua, tidak perlu khawatir karena diluar aplikasi tersebut, kuota internet IMClass tidak dapat digunakan untuk mengakses aplikasi atau situs lainnya. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Riski Begok101 10 October 2020 | 07:56:05

skolah online buat anak malas belajar

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article