home ×
Digilife

Merapi Meletus di Tengah Ancaman Corona, Netizen Teriak Masker

27 March 2020 By
Merapi Meletus di Tengah Ancaman Corona, Netizen Teriak Masker
Share
Share
Share
Share

Gunung Merapi (Badan Geologi)

Uzone.id - Gunung Merapi di Jawa Tengah kembali erupsi atau meletus pada Jumat (27/3/2020) pukul 10.56 WIB dan terjadi letusan dengan tinggi kolom 5 km dari puncak Gunung Merapi, seperti dilaporkan Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam pernyataan tertulisnya.

Letusan terekam di seismograf dengan amplitudo 15 mm dan durasi 7 menit. Awan panas diperkirakan terjadi sejauh 2 km di sektor Selatan - Tenggara.

Hujan abu bercampur pasir halus dilaporkan terjadi di wilayah Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang yang berjarak sekitar 15 km dari puncak Gunung Merapi.

Baca juga: Rajin Olahraga, Aktris Andrea Dian Umumkan Positif Corona di Instagram

"Data observasi ini menunjukkan bahwa menjelang letusan tidak terbentuk tekanan yang cukup kuat karena material letusan didominasi oleh gas vulkanik," kata Hanik Humaida.

Menurutnya, ancaman bahaya letusan ini berupa awan panas dan lontaran material vulkanik dengan jangkauan < 3 km berdasarkan volume kubah yang sebesar 291 ribu meter kubik berdasarkan data drone 19 Februari 2020.

"Masyarakat untuk tetap tengan dan beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 km dari puncak G. Merapi," kata dia.

 Netizen ramai-ramai memposting foto dan video peristiwa Gunung Merapi meletus hari ini hingga masuk 5 besar trending topic Twitter. Tagar #Merapi sudah dicuit lebih dari 9 ribu kali.

Beberapa netizen mengatakan bahwa penduduk yang merasakan dampak Gunung Merapi membutuhkan masker. Sungguh ironi memang di tengah pandemi virus Corona yang tengah melanda dunia, masker pun menjadi barang mahal. 

 

 

 

 

 

VIDEO Review Realme 6 Pro, 5 Alasan Layak Beli

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id