icon-category Auto

Merasakan Sensasi BMW X3 xDrive30i M Sport, SAV Harga Rp1,34 M

  • 13 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    BMW X3 xDrive30i M Sport (Foto: Kris / Uzone.id)

    Uzone.id - BMW Indonesia resmi meluncurkan BMX X3 xDrive30i M Sport di Tanah Air pada 16 Maret 2022 dengan banyak penyempurnaan di bagian interior maupun eksteriornya.

    Tak cuma itu, X3 xDrive30i M Sport yang dijual di sini sudah rakitan lokal lho gaes. Jadi, sama halnya dengan varian X7 xDrive40i Opulence yang juga dirakit lokal di fasilitas BMW di Production Network 2, Gaya Motor, Jakarta.

    Kami pun mendapat kesempatan untuk menjajal sensasi Sport Activity Vehicle (SAV) medium dari X-series ini.

    Pertama-tama kita bahas dulu fascia depan X3 xDrive30i M Sport ini. Di bagian headlamp cluster dibuat baru dengan lebih minimalis dan disematkan BMW Laser Light.

    Kemudian, grill dibuat lebih besar dan tinggi dengan ditambah aksen chrome silver satin.

    BACA JUGA: Wuling Air ev Sudah Bisa Dipesan Lewat Online

    Ubahan lainnya pada bumper yang dibuat lebih gagah, sesuai dengan karakter M Sport pada mobil ini. Di bagian gril terselip kamera 360 derajat, yang juga terdapat di bawah spion samping.

    X3 xDrive30i M Sport juga tampil lebih macho dibandingkan geneasi sebelumnya. Kini ditopang velg ring 20 inci. Velg di bagian belakang dibuat lebih lebar dibandingkan depan.

    Kemudian, di bagian rail roof juga mendapat finishing silver satin, warna senada juga diberikan pada list frame jendela di sisi eksterior.

    Perbedaan lainnya yang terlihat menonjol adalah bagian lampu belakang yang dibuat lebih besar dengan tampilan 3D.

    Selanjutnya, X3 xDrive30i M Sport pakai knalpot ganda di mana keduanya berfungsi ketika mode berkendara Sport dijalankan. Sementara, untuk mode berkendara Eco Pro dan Comfort cuma knalpot bagian kanan saja yang berfungsi.

    Kami merasakan sensasi eargasm ketika mode Sport diaktifkan saat mobil melaju dan kedua knalpot aktif.
    Fitur lainnya yang memudahkan pengguna mobil ini adanya di pintu bagasi sudah pakai fitur power backdoor. Kemudian volume bagasinya cukup besar mencapai 500 liter.

    Interior

    BMW X3 xDrive30i M Sport (Foto: Kris / Uzone.id)

    Saat duduk di bagian kokpit, terlihat jelas ada pembaruan di bagian cluster instrumen atau BMW Live Cockpit dengan membawa display LCD 12,3 inci dengan BMW iDrive 7.

    Begitu juga dengan layar sentuh di bagian dasbor punya ukuran 12,3 inci dengan BMW iDrive 7.
    BMW iDrive 7 merupakan generasi ke-7 atau versi terbaru dari sistem komunikasi dan hiburan dalam mobil BMW.

    Jadi, perangkat lunak pada BMW iDrive 7 bisa mengontrol sejumlah area komputer BMW, seperti hiburan, navigasi, komunikasi, kontrol media, dan informasi kendaraan, serta terintegrasi dengan mudah dengan koneksi internet telepon dan lainnya.

    Melihat konsol tengahnya terdapat tuas transmisi yang didesain berbeda dengan generasi sebelumnya. Kemudian tombol-tombol kontrolnya terdapat tombol berkendara Sport, Comfort dan Eco Pro serta Cruise Control.

    Bagian semburan AC di dasbor juga mendapat desain baru, khas dengan gaya BMW kekinian. Adanya knop sebagai alat kontrol juga menjadikan X3 ini terasa mewah dan menyenangkan.

    BMW X3 xDrive30i M Sport (Foto: Kris / Uzone.id)

    Perintah Suara

    Menurut kami, hal menyenangkan pada BMW X3 xDrive30i M Sport adanya fitur Gesture Control menggunakan jari tangan serta perintah suara atau Voice Control dengan “Hey, BMW”.

    Jadi, untuk mengecilkan audio bisa pakai gesture tanda jempol diarahkan ke kanan atau ke kiri di depan sensor headunit.

    BACA JUGA: Pemerintah, TNI-Polri Wajib Pakai Kendaraan Listrik

    Voice Control bisa memerintahkan BMW untuk membuka jendela, ganti warna ambient light, nyalakan radio dan lain-lain.

    Kami juga merasakan suara dahsyat sistem audio dari Harman/Kardon. Saat memainkan musik, terasa seperti konser di depan mata kita.

    Nah, untuk bagian jok depan sudah disematkan electric seat beserta memory seat untuk bagian cockpit.
    Pengendara juga bisa menyesuaikan posisi mengemudi dengan adanya fitur tilt dan telescopic yang diatur secara mekanik.

    Untuk mempertegas ini adalah varian M Sport, logo M bisa kita temui di bagian roda kemudi, karpet hingga di bagian door seal.

    Bagaimana dengan kursi penumpang belakang?

    Saya punya tinggi badan 167 cm sehingga merasakan leg room yang sangat lega. Begitu juga dengan head room masih menyisakan ruang cukup banyak.

    Penumpang belakang juga bisa merasakan suasana lebih privasi dengan adanya tirai pada jendela. Kemudian, penumpang satu atau dua orang di belakang bisa menikmati arm rest dengan dua buah cupholder.

    Semburan AC yang berada di sisi belakang konsol tengah punya zona sendiri untuk menaikkan dan menurunkan suhu. Namun, tidak terdapat pengaturan semburan udara.

    Smartphone juga tak akan kehabisan baterai karena tersedia dua buah lubang colokan USB Type-C.

    Kekurangannya mungkin jika ada tiga ada penumpang dewasa duduk di kursi belakang, di bagian tengah akan terganggu oleh tonjolan kanal di lantai.
    Mesin

    BMX X3 xDrive30i M Sport berbagi mesin yang sama dengan varian X3 sDrive20i, yakni mesin 4 silinder In Line 1.998 CC Twin Turbo. Namun output pada X3 xDrive30i M Sport dibuat lebih besar.

    Di atas kertas, sDrive20i punya tenaga 184 hp dan torsi 290 Nm, sedangkan X3 xDrive30i M Sport punya output 252 hp dan torsi 350 Nm

    Tenaga disalurkan ke empat roda melalui transmisi otomatis 8 percepatan steptronic.

    BMW X3 xDrive30i M Sport (Foto: Kris / Uzone.id)

    Bagaimana impresi berkendara BMW X3 xDrive30i M Sport?

    Kami merasakan mesin X3 ini punya tenaga cukup besar, sangat stabil saat kami tes di kecepatan 180 km/jam.

    Untuk suspensinya menggunakan adaptive suspension. Namun, kami merasakan suspensinya terasa keras ketika melewati jalanan tidak rata. Itu bisa terbayarkan ketika kami melakukan manuver di tikungan tajam tidak terasa limbung, begitu juga saat kami kickdown pedal gasnya hingga mencapai kecepatan di atas 150 km/jam masih terasa nyaman.

    Dengan mesin yang dibawa X3 ini juga terasa enak ketika berhadapan dengan jalanan menanjak. Mobil masih terasa enteng diajak mendaki.

    BACA JUGA: Kontroversi Garis Biru di Pelat Hyundai Ioniq 5 Milik Influencer

    Fitur yang sangat berguna juga terdapat Parking Assist. Kami bisa menggunakan Reversing Assistant ketika berhadapan dengan mobil lain di depan ketika berada di tempat parkir.

    BMW X3 xDrive30i M Sport (Foto: Kris / Uzone.id)

    Meskipun bertabur fitur-fitur yang bikin orang betah berlama-lama di dalam kabin, seperti adanya sunroof dan panoramic, namun kekurangan pada X3 belum mendapat adaptive cruise control dan wireless charging. Sekedar informasi saja, X3 xDrive30i M Sport saat ini dipasarkan Rp1,34 miliar (on the road).

    Konsumen bisa mendapat layanan BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km (tergantung mana yang lebih dulu) serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

    Selain itu, semua kendaraan yang dijual diler resmi BMW juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban selama periode garansi, yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempis. Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini