icon-category Digilife

Metaverse metaNesia Tampilkan Karya Bertema 'Citayam Fashion Week'

  • 01 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Bonge salah satu selebriti Citayam Fashion Week (Foto: Artjenius Benz / KFT)

    Uzone.id - Menteri BUMN, Erick Thohir telah resmi meluncurkan metaNesia, sebuah dunia metaverse yang dibuat oleh PT Telkom Indonesia (Persero) di ajang Digiland 2022. Dunia virtual ini dipamerkan langsung di ajang Digiland pada Minggu (31/8) di Istora Senayan, Jakarta.

    Erick mengatakan, hadirnya metaNesia merupakan komitmen Telkom untuk mendukung akselerasi digitalisasi di Indonesia. Apalagi metaNesia menjangkau banyak sektor dengan digital.

    "Di metaNesia, pengguna bisa konsultasi lewat layanan Biofarma secara live di dunia metaverse, hingga belanja di Perhutani dan PTPN," ungkap Erick.

    Lebih lanjut, metaNesia pun memungkinkan penggunanya untuk membeli karya Non-Fungible Token (NFT) dari produk-produk UMKM, seperti baju kaos dan kopi di bagian Merchnesia NFT. 

    Sekadar informasi saja, NFT merupakan aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan.

    Baca juga: Honda Hadir di metaNesia, Dunia Metaverse Buatan Telkom

    Ada juga produk berupa foto digital karya dari Komunitas Fotografi TelkomGroup (KFT). Foto yang dijual salah satunya bertema Citayam Fashion Week.

    Untuk membelinya pun mudah, kalian tak perlu membeli NFT dengan uang kripto seperti pembelian NFT pada umumnya. Cukup membeli NFT di metaNesia dengan mata uang rupiah. Adapun untuk harga foto digital Citayam Fashion Week cukup murah, yakni Rp100 ribu untuk satu fotonya. 

    "Kenapa kita pakai rupiah? Kita buat simpel untuk pembeliannya, jadi cukup login, nama, email dan password saja. Lalu user bisa membeli dalam bentuk rupiah," kata Yunandha, salah satu karyawan Telkom saat ditemui Uzone.id di booth metaNesia.

    Baca juga: Kunjungi metaNesia, Metaverse Milik Telkom di Istora Senayan

    Produk-produk yang ditawarkan di dunia metaverse metaNesia banyak yang berasal dari para seniman Indonesia. Yang unik, pembelian NFT juga bisa mendapatkan utility tambahan berupa barang fisik.

    Pembeli NFT di metaNesia bisa melalukan reedem, kemudian barang fisiknya akan dikirim langsung ke alamat pembeli.

    "Jadi harus beli NFT dulu baru bisa dapat fisiknya," tuturnya.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : metanesia nft telkom kft 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini