home ×
Digilife

Microsoft Akan Dirikan Pusat Data Pertama di Indonesia

25 February 2021 By
Microsoft Akan Dirikan Pusat Data Pertama di Indonesia
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Microsoft akan membangun datacenter region pertamanya di Indonesia untuk menghadirkan layanan cloud terpercaya secara lokal, dengan keamanan data kelas dunia, privasi, dan kemampuan untuk menyimpan data di Indonesia.

Hal itu merupakan bagian dari inisiatif Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia yang diumumkan Microsoft pada kamis (25/2).

Inisiatif ini menandai komitmen perusahaan dalam pertumbuhan dan transformasi digital masyarakat Indonesia, para developer, ekosistem startup, dunia usaha, dan pelayanan publik.

Microsoft juga mengumumkan rencana untuk menambah pelatihan bagi tiga juta orang Indonesia dan memberdayakan lebih dari 24 juta orang Indonesia hingga akhir tahun 2021, melalui program keterampilan yang dirancang untuk membantu menciptakan peluang ekonomi yang inklusif di era digital.

Baca juga: Google Bakal Rilis Pembaruan Android, Ada Fitur Ubah Password yang Diretas

Pengumuman hari ini memegang peran penting dalam mempercepat transformasi digital Indonesia, menuju visinya menjadi negara dengan ekonomi digital terdepan di Asia Tenggara.

Menurut penelitian dari IDC, investasi Microsoft di Indonesia diharapkan dapat menghasilkan pendapatan baru hingga USD 6,3 miliar (sekitar Rp88,74 triliun) dari ekosistem pelanggan dan mitra lokal tanah air.

Selain itu, bisnis yang mengonsumsi cloud diharapkan dapat menyumbangkan 60.000 pekerjaan bagi ekonomi lokal, selama empat tahun ke depan.

Dalam kesempatan ini, Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia menyatakan, “Sebagai penyedia solusi cloud terdepan kelas dunia, investasi Microsoft untuk membangun pusat data lokal, keterampilan digital, dan kolaborasi dengan Pemerintah Indonesia akan mendukung inovasi lokal, pemulihan ekonomi, dan transformasi digital.”

Baca juga: Pentingnya Peran IoT dalam Distribusi Vaksin Covid-19

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik rencana Microsoft untuk membangun data center lokal dengan layanan cloud yang sangat aman dan sesuai, yang akan menguntungkan bisnis lokal, pemerintah, dan individu di semua sektor.

Pengumuman hari ini adalah investasi paling signifikan dalam kurun waktu 26 tahun kehadiran Microsoft di Indonesia.

Jean-Philippe Courtois, Executive Vice President and President, Microsoft Global Sales, Marketing and Operations pun mengungkapkan, “Dengan wilayah pusat data lokal, bisnis akan memiliki akses yang lebih cepat ke layanan cloud dan kemampuan untuk menyimpan data di tanah air.”

Microsoft telah secara aktif mendukung komunitas dan ekosistem startup. Perusahaan terkemuka seperti Bukalapak, Pertamina, dan Kementerian Pertanian telah memperoleh manfaat dari layanan cloud skala global Microsoft, dan telah menyatakan komitmen mereka untuk menggunakan Microsoft Cloud dari wilayah baru nantinya.

VIDEO: Unboxing Redmi 9T Seharga Rp2,39 Juta

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article