home ×
Digilife

Microsoft Edge Hadirkan Mode Khusus Anak, Begini Fitur dan Cara Pakainya

18 April 2021 By
Microsoft Edge Hadirkan Mode Khusus Anak, Begini Fitur dan Cara Pakainya
Share
Share
Share
Share

Foto: XDA Developers

Uzone.id - Microsoft Edge baru saja meluncurkan mode khusus untuk anak-anak di browser mereka. Mode ini langsung ada pada Microsoft Edge versi Windows maupun macOS sebagai opsi gratis yang mudah diaktifkan dan mudah dikelola orangtua.

“(Mode) ini tersedia secara gratis, melindungi anak-anak usia 12 tahun ke bawah di lingkungan online, dan memberikan ketenangan bagi orangtua ketika anak-anak menjelajah web dalam perangkat bersama,” jelas Divya Kumar, product director dari Microsoft Edge, dikutip dari The Verge, Jumat (16/04).

Mode anak-anak ini akan memakai SafeSearch dari Bing yang aman bagi anak-anak dan akan menjaga penuh pencarian dari gambar, teks dan video yang tidak pantas.

Baca juga: Waspada Ekstensi Edge Berbahaya

Sejauh ini, sudah ada 70 situs yang tersedia untuk anak-anak secara default dan orangtua juga bisa menambahkan situs lainnya dalam layanan ini. Berita-berita khusus untuk anak berusia 9 hingga 12 tahun pun sudah disediakan. Berita khusus ini berfokus pada topik pengetahuan sains, fakta lucu, dan pengetahuan binatang, ataupun pengetahuan umum lainnya.

Desain juga dibuat seramah mungkin dengan anak-anak, sehingga dapat mendorong kreativitas mereka. Mode Anak ini cukup mudah digunakan dan dikelola orang tua, namun untuk keluar dari mode ini tetap membutuhkan kredensial orang tua untuk melakukannya.

Baca juga: Microsoft Ingin Pengguna Windows Move On dari IE

Untuk menerapkan Kids Mode ini, anda bisa memilihnya dalam opsi di profil Edge. Setelah memilih opsi tersebut, anak-anak nantinya akan mengakses situs yang hanya diizinkan dalam browser Edge.

Tersedia pula opsi untuk memilih umur anak-anak, yaitu antara lima hingga delapan tahun dan sembilan hingga 12 tahun. Dua opsi ini mencakup tingkat pencegahan pelacakan di Edge dan tingkat penyaringan konten dalam SafeSearch.

Ketika anak-anak hendak mengakses situs yang tak ada dalam daftar izin, akan ada halaman otomatis yang meminta persetujuan dari orang dewasa untuk mengakses situs tersebut.

Ada pula opsi mengubah dan menyesuaikan tema, warna, dan background tab dalam mode ini. Microsoft bahkan bekerjasama dengan Pixar dan Disney untuk menyediakan tema spesial dari kartun kesukaan anak-anak seperti The Little Mermaid, Finding Nemo, dan masih banyak lagi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article