home ×
Digilife

Microsoft Tutup LinkedIn di China

15 October 2021 By
Microsoft Tutup LinkedIn di China
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Setelah tujuh tahun beroperasi di China, Microsoft akhirnya menutup layanan LinkedIn. Padahal perusahaan milik Bill Gates itu sudah berupaya maksimal membuat LinkedIn sesuai dengan aturan lokal di negara tersebut.

Sejatinya, dilansir dari TechRadar.com, Jumat 15 Oktober 2021, beberapa waktu lalu Microsoft sempat mengungkap niatnya untuk menutup versi lokal LinkedIn di China. Walaupun perusahaan software terbesar di dunia itu mengaku tidak akan berhenti membantu para profesional di China mencari pekerjaan.

LinkedIn China pertama kali meluncur di Februari 2014 dan dibuat untuk memperluas jaringan bisnis para penggunanya, agar mereka lebih produktif. Namun di saat itu juga, Microsoft menyadari jika mereka harus mematuhi persyaratan dan aturan dari pemerintah setempat untuk mengoperasikan layanan berbasis internet di negara tersebut.

Baca juga: LinkedIn Kini Jadi Kebanggaan Microsoft

Selama lebih dari tujuh tahun, versi lokal LinkedIn itu telah membantu para profesional China untuk menemukan pekerjaan, berbagi informasi dan selalu update. Meskipun telah membantu banyak warga China mencari pekerjaan namun Microsoft merasa aspek sosial di LinkedIn tidak digunakan sebagaimana mestinya di China. Tidak seperti apa yang orang-orang di seluruh dunia menggunakan LinkedIn.

Selain itu, tuntutan dan desakan untuk mengadopsi aturan ketat di China juga membuat Microsoft gerah. Akhirnya mereka pun memutuskan untuk menutup layanan LinkedIn dan menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Data Pribadi 500 Juta Pengguna LinkedIn Diduga Bocor

Para warga di China masih bisa memiliki aplikasi pencari kerja buatan Microsoft. Perusahaan asal Amerika itu membuat aplikasi baru bernama InJobs. Aplikasi ini akan berdiri sendiri dan bisa didownload siapa saja, profesional yang mencari tantangan baru ataupun perusahaan yang ingin mendapatkan kandidat karyawan berkualitas.

Di dalamn InJobs hanya akan berisi lowongan pekerjaan. Tidak akan ada postingan status, berbagi postingan, atau artikel, atau apapun layaknya sebuah media sosial.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id