Auto

Mobil yang Kini Makin Mirip Smartphone, Pada Pinter-Pinter!

  • 15 June 2021
  • Bagikan :

    Uzone.id - Teknologi daily yang sudah jamak dan identik dengan kepintaran dalam hal memudahkan aktifitas manusia adalah smartphone. Namun makin kesini, smartcar pun perlahan mulai pada pintar dan sangat memudahkan aktifitas.

    Mobil yang canggih-canggih dan pintar? Banyak. Tapi pasti harganya mahal dan jarang yang sudah dijual di Indonesia. Namun gebrakan Wuling yang menghadirkan Almaz RS dengan teknologi WISE, seolah memberikan standar baru mobil masa depan.

    Almaz RS adalah flagship model Wuling yang didukung oleh Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE), yang merupakan gabungan dari Internet of Vehicle (IoF) dan Advance Driver Assistance System (ADAS).

    Baca juga: PPnBM 0 Persen Diperpanjang, Harga Mobil Baru Berantakan?

    IoV dan ADAS ini lah yang membedakan Almaz RS dengan mobil-mobil kebanyakan. Karena layaknya ekosistem Internet of Things di smarthome dan ini versi berjalannya, alias di mobil.

    ADAS terdiri dari 12 fitur dalam 4 kategori; Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic Light.

    "Semuanya bertujuan untuk membantu pengemudi untuk berkendara dengan aman dan nyaman," ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

    Nah apa saja ke-12 fitur ADAS tersebut dan apa fungsinya?

    1. Adaptive Cruise Control (ACC)

    Secara otomatis menyesuaikan kecepatan jelajah dengan kecepatan kendaraan di depannya sekaligus menjaga jarak aman. Fitur bekerja pada kecepatan 0-150 km/jam

    2.Bend Cruise Assistance (BCA)

    Mengurangi kecepatan secara otomatis ketika kendaraan memasuki tikungan. Fitur bekerja pada kecepatan 0-150 km/jam

    3. Traffic Jam Assistance (TJA)

    Membantu menyesuaikan kecepatan, menjaga jarak aman dan menjaga agar kendaraan tetap berada di tengah lajur dalam kondisi lalu lintas padat maupun lancar. Fitur bekerja pada kecepatan 0-150 km/jam

    4. Intelligent Cruise Assistance (ICA)

    Fitur ini bekerja bersamaan dengan Traffic Jam Assistance, yang membantu mobil dalam jalur dan posisi yang aman di jalan.

    5. Lane Departure Warning (LDW)

    Memberikan peringatan ketika kendaraan keluar lajur tanpa dikehendaki. Fitur bekerja pada kecepatan 60-180 km/jam.

    6. Lane Keeping Assistance (LKA)

    Secara otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman. Fitur bekerja pada kecepatan 10-180 km/jam.

    7. Safe Distance Warning (SDW)

    Memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman. Fitur bekerja pada kecepatan 65-150 km/jam.

    8. Forward Collision Warning (FCW)

    Mendeteksi adanya potensi tabrakan depan dan memberikan ragam peringatan berupa suara, tampilan visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya. Fitur bekerja pada kecepatan 30-150 km/jam.

    9. Automatic Emergency Braking (AEB)

    Jika pengemudi tidak merespon peringatan bahaya tabrakan yang terdeteksi, sistem akan secara otomatis melakukan pengereman darurat. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

    10. Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA)

    Menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

    11. Collision Mitigation System (CMS)

    Jika tabrakan tetap terjadi akibat kecepatan terlalu tinggi atau kejadian terlalu mendadak, sistem ini akan memaksimalkan pengurangan kecepatan sehingga mengurangi keparahan cedera atau kerusakan akibat tabrakan. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

    12. Intelligent Head Beam Assistance (IHMA)

    Kendaraan secara otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar. Fitur bekerja di atas kecepatan 30 km/jam.

    VIDEO Mencoba Kecanggihan Fitur Wuling Almaz RS:

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);