icon-category Auto

Modifikasi Mitsubishi Fuso jadi ‘Tank’ Tempur, Siap Melawan KKB di Papua

  • 10 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Prabu Indonesia

Uzone.id - Serangan keloompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua masih kerap terjadi dan menjadi momok masyarakat. Karenanya, sebuah penangkal khusus perlu disiapkan, salah satunya sebuah kendaraan tempur.

Menariknya, dikutip Uzone.id dari akun Youtube Prabu Indonesia, Raider 303 Kostrad memodifikasi sebuah Mitsubishi Fuso jadi ‘tank’ tempur yang disiapkan untuk mengantisipasi serangan dari KKB di Papua.

‘si Kepala Kuning’ Fuso Canter SHDX yang sudah melegenda ini, ditambahkan sejumlah body armor berupa pelat-pelat besi, yang digarap sendiri oleh para prajurit TNI.

BACA JUGA: Penampakan Chery Omoda 5 Versi Setir Kanan, Siap Dijual?

Bikin makin sangar, pelindung bagian depan dicat Transformer dengan grafis tulisan diatasnya “Tengkorak Putih”.

Pelat-pelat besi tersebut terpasang mulai dari kaca bagian depan, bagian samping dan juga pada bak yang kini dipagari pelat besi yang tinggi dan terdapat lubang-lubang untuk senjata laras panjang.

Setelah semua selesai, truk Fuso ini pun diuji balistik untuk mengetahui sejauh mana kekutannya dalam menghalau peluru dan persenjataan lainnya.

Para personel TNI dengan senjata laras menembakkan peluru dari jarak jauh terutama bagian belakang truk. Pengujian tembak jarak jauh dianggap efektif karena lesatan peluru lebih berefek dari jarak jauh.

BACA JUGA: Kendaraan yang STNK-nya Hangus, Apakah Bisa Dihidupkan Lagi?

Hasil pengujiannya memuaskan. Tidak ada satupun peluru yang menembus pelat-pelat besi pelindung tersebut.

Mitsubishi Fuso Canter SHDX sendiri adalah truk yang dibekali mesin 4D34-2AT5 Turbo Intercooler berdaya maksimum 136 PS pada 2.900 rpm dengan torsi maksimum 38 Kg.m pada 1.600 rpm.

VIDEO Test Drive Suzuki Spresso:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini