icon-category Telco

MotoGP 2022 Semakin Dekat, Telkom Pantau Infrastruktur Sirkuit Mandalika

  • 16 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto ilustrasi: Harlie Raethel/Unsplash

    Uzone.id – Ajang internasional MotoGP 2022 tinggal menghitung hari. Telkom Indonesia secara intensif melakukan peninjauan kualitas layanan dan jaringan infrastruktur di venue Mandalika Circuit.

    Pemantauan Telkom ini tentu agar menjamin keandalan layanan dan jaringan. Tak hanya itu, Telkom juga sebelumnya sudah melakukan rangkaian rehearsal test atau uji simulasi di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada pekan lalu.

    Rangkaian kegiatan ini diawali dengan kunjungan Komisaris Telkom Indonesia Arya Mahendra Sinulingga, dilanjutkan dengan uji simulasi yang dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara, serta Direktur ITDC Utilitas Hari Wibisono.

    Selain jaringan, selama rehearsal test juga dilakukan uji coba seluruh layanan TelkomGroup yang tersedia di event tersebut.

    Simulasi dilakukan kepada beberapa titik kritis, di antaranya jaringan akses, menguji tingkat latensi, kualitas dan kecepatan koneksi, sistem keamanan, hingga melakukan simulasi stress test atau memberi pembebanan user yang tinggi.

    Baca juga: Telkom Gencarkan Green Digital untuk Konservasi Hutan

    Selain itu, mengingat keragaman layanan yang meliputi layanan Telkomsel, data, dan internet, hingga WiFi, rehearsal test juga dilaksanakan terhadap jaringan akses atau last-mile yang secara spesifik dilakukan di lokasi pit building, sebagai fasilitas untuk seluruh pembalap dan official team MotoGP.

    Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc turut menyaksikan rangkaian rehearsal test dan ia mengapresiasi simulasi yang berjalan tanpa kendala.

    Sementara itu dari sisi infrastruktur, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko
    mengatakan bahwa timnya telah banyak mencatat lesson learned dari event World Superbike
    (WSBK) beberapa waktu silam di mana Telkom pun turut berperan dalam penyediaan layanan telekomunikasi.

    Foto: Telkom

    “TelkomGroup telah memiliki mempelajari beberapa hal dari event WSBK beberapa waktu silam. Telah kita lakukan perbaikan pada beberapa titik dengan menambah bandwidth layanan, sehingga saat ini kami siap untuk penyelenggaraan MotoGP,” tutur Herlan dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.

    Ia menyambung, “kami menjamin apa yang disampaikan Telkom melalui konektivitas dan service ICT akan memiliki performa yang maksimum. Juga tidak lupa kita panjatkan doa kepada Allah SWT agar kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mengawal ini semua dengan baik, dan apa yang kita harapkan berjalan dengan lancar pada saat event berlangsung.”

    Lebih lanjut, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara juga berharap apa yang telah dilakukan oleh Telkom tidak hanya sekadar mendukung dalam layanan telekomunikasi, tetapi juga dapat mendukung kemajuan wilayah Nusa Tenggara Barat.

    “TelkomGroup akan secara maksimal mendukung dan mensukseskan event internasional ini. Kami akan berupaya menyediakan berbagai sarana dan fasilitas telekomunikasi yang ada di area Mandalika. Mudah-mudahan, apa yang telah kami siapkan dapat mendukung kesuksesan event MotoGP ini. Lebih dari itu, kami harap seluruh dukungan ini juga dapat berperan untuk memajukan wilayah Nusa Tenggara Barat ke depannya,” ujar Edi.

    Baca juga: Gandeng Angkasa Pura II, Telkomsel Perluas 5G di Soetta

    Untuk penyelenggaraan MotoGP, TelkomGroup menyediakan 1.908 BTS untuk layanan Telkomsel yang juga telah menghadirkan jaringan 5G.

    Ada pula layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920 Mbps serta layanan Wi-Fi melalui 125 Access Point berkapasitas 6 Gbps yang tersebar untuk 6 area, di antaranya medical center, pit building, paddock, race control, tv compound, dan area tribune untuk spectator.

    Sebagai fungsi monitoring, TelkomGroup menyiapkan sejumlah 4 Posko 24/7 yang berlokasi di Witel Mataram dan Mandalika untuk memonitor infrastruktur transport dan elemen network ICT services TelkomGroup.

    Selain itu, ratusan personel pun disiapkan untuk pengamanan seluruh alat produksi agar selalu dalam keadaan baik.

    Posko tersebut dilengkapi dengan Mini Network Operation Center atau Mini NOC yang terintegrasi dengan Posko Telkom Integrated Operation Center (TIOC) yang berjenjang dari level regional hingga nasional.

    Selain rehearsal test, TelkomGroup juga melaksanakan Apel Kesiapan Kerja untuk seluruh
    personel yang bertugas mengamankan dan menyukseskan infrastruktur pada gelaran MotoGP di Mandalika Circuit.

    Partisipasi Telkom dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan helatan kelas dunia ini merupakan bentuk komitmen untuk selalu berperan dalam pengembangan destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

    Diharapkan melalui layanan ICT yang andal mampu menghadirkan kenyamanan berkomunikasi dan pengalaman terbaik bagi para wisatawan domestik maupun internasional, sehingga tidak ada momen berharga yang terlewat untuk dibagikan, serta dapat mengundang lebih banyak pengunjung yang nantinya akan meningkatkan pertumbuhan kawasan wisata Mandalika.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini