icon-category Auto

Motor Batangan Honda Bakal Gak Punya Tuas Kopling

  • 29 May 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Kenyamanan dan keamanan berkendara terus berevolusi. Salah satunya Honda yang telah mematenkan satu temuannya terkait dengan perpindahan daya dari mesin ke roda belakang.

    Yess, motor-motor batangan Honda nantinya bakal disematkan transmisi semi otomatis, sehingga untuk perpindahan giginya gak perlu lagi pakai tuas kopling.

    Teknologi ini diklaim bakal lebih baik dibandingkan sistem Honda matik yang ada saat ini, seperti PCX cs, meski cara bekerjanya tidak jauh berbeda.

    BACA JUGA: Logo dan MPV Baru Wuling, Bakal Hadir di Indonesia?

    Paten sistem semi otomatis Honda ini akan mulai diterapkan pada Honda CB1100 seperti tahun 70'an, namun yang membuat teknologi ini berbeda dan unik ialah tanpa mengandalkan DCT alias Dual Clucth Transmission.

    Padahal Honda jadi salah satu pabrikan yang advance dalam memanfaatkan teknologi DCT yang sudah terintegrasi dengan ECU. Meski begitu, sistem ini dianggap punya bobot yang berat, sehingga harus diet.

    Transmisi semi otomatis CB1100 ini akan tetap memiliki gearbox 6 percepatan konvensionalnamun tanpa menggunakan tuas kopling. Lh, terus pindah giginya gimana?

    Sebagai gantinya, ada sebuah aktuator yang terletak di atas silinder slave kopling yang digunakan layaknya melepas kopling.

    V

    VIDEO Rekondisi Yamaha NMax 2016, Berapa Total Biayanya?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini