icon-category Auto

Motor Listrik Mirip Vespa Merajalela, Ini Komentar Piaggio

  • 05 Apr 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Belakangan ini banyak sekali skuter listrik buatan China yang mirip dengan Vespa masuk ke pasar dalam negeri. Bukan hanya mengambil bagian tertentunya saja, namun semua desain benar-benar dijiplak. Mungkin perbedaan terlihat hanya dari dimensinya saja yang lebih kecil.

Melihat fenomena ini, PT Piaggio Indonesia pun turut mengomentari perihal ramainnya skuter listrik berdesain Vespa tersebut. Marco Noto La Diega selaku Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia mengatakan pihaknya tidak masalah dengan hal tersebut. Menurutnya Vespa memiliki karakter tersendiri yang menjadi ciri khas.

"Kami menghargai semuanya yang terinspirasi dari karakter Vespa. Kalau pun tampilannya mirip, tapi Vespa adalah Vespa, ada ciri khas dan konsumen pasti bisa membedakan," ujar Marco saat ditemui di Jakarta dalam peluncuran Primavera Color Vibe, Selasa (4/4).

alt-img

Marco justru memiliki pandangan yang menarik soal kehadiran skuter listrik mirip Vespa ini. Alih-alih menuntut, menurutnya dengan hadirnya produk tersebut justru membuat persaingan otomotif di Indonesia semakin berkembang. Dengan demikian, konsumen justru dapat lebih cermat dalam memilih dan membeli sepeda motornya.

"Kompetisi bagus untuk negara, bagus untuk konsumen, dan bagus untuk produsen. Itu kenapa kita harus membangun ekosistem kita dan menfcari tahu apa selanjutnya," lanjutnya.

Seperti diketahui, belakangan ini banyak sekali skuter listrik baru yang bermunculan dengan desain mirip sebuah Vespa. Di antaranya yang kami ketahui adalah merek UWinfly T3 yang dijual hanya Rp 10 jutaan saja. Motor listrik ini tampil mirip seperti Vespa S, Primavera, dan Sprint, hanya saja tidak memiliki logo Vespa dan Piaggio di bodi motornya.

alt-img

Sebenarnya Vespa sendiri memiliki produk motor listrik di pasar global yakni Elettrica. Namun sejak pertama kali debut di tahun 2018, digosipkan masuk ke Indonesia sejak tahun 2020, hingga saat ini motor tersebut tak kunjung mengaspal di Tanah Air.

Kabar terbarunya Vespa Elettrica sedang ditinjau untuk dipasarkan di Indonesia pada tahun 2023 ini. Marco sendiri menyebutkan saat ini pihaknya sedang melihat kesiapan ekosistem motor listrik yang ada di Indonesia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini