icon-category Digilife

Musisi Jabar-Jakarta, Saatnya Ikut Kompetisi Prambanan Jazz Festival

  • 05 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Prambanan Jazz Festival 2019 (dok. Rajawali Indonesia)

    Uzone.id - Metranet dan Rajawali Indonesia kembali mencari musisi berbakat untuk tampil di acara puncak Prambanan Jazz Festival 2022 pada 1-3 Juli 2022 mendatang.

    Setelah sukses dengan pencarian musisi berbakat dalam ajang Borneo Goes to Prambanan Jazz Festival di tahun 2021 lalu, Metranet dan Rajawali kini mengincar talenta berbakat di daerah Jawa Barat dan Jakarta untuk ikut ajang Jawara Jakarta Goes to Prambanan Jazz Festival 2022.

    Kehadiran acara kompetisi bagi musisi di dua region ini adalah untuk memberikan panggung bagi para musisi muda yang ingin tampil di panggung besar Prambanan Jazz Festival dengan cara yang sehat, yaitu dengan cara berkompetisi.

    Kompetisi Jawara Jakarta Goes To Prambanan Jazz Festival 2022 ini sedikit berbeda dengan pagelaran sebelumnya yang mana dilaksanakan di tengah-tengah bulan Ramadan.

    Faizal Yusuf, Direktur Bisnis Metranet mengatakan, “karena ini industri kreatif, maka pastinya musisi juga kreatif dalam menyesuaikan situasi yang ada dan bisa memanfaatkan momentum Ramadan ini.”

    Baca juga: Pakai Jaringan Telkom, Prambanan Jazz Festival 2021 Dipastikan Lancar

    “Mudah-mudahan program ini bisa memberikan manfaat untuk kita bersama, masyarakat, menumbuhkan talenta-talenta musik Indonesia dengan membuka selebar-lebarnya kesempatan bagi musisi berbakat untuk mendapat akses masuk ke industri musik ini,” tambah Faizal.

    jazz10

    Foto: Konferensi Pers Jawara-Jakarta goes to Prambanan Jazz Festival 2022, Selasa, (05/04/2022).

    Rangkaian kompetisi Jawara Jakarta Goes to Prambanan Jazz Festival 2022 akan dimulai pada tanggal 6 April 2022 hingga 21 April 2022 untuk tahap pendaftaran dan submission karya dari musisi untuk kedua region. 

    Pendaftaran dan proses submit karya dari musisi ini dilakukan dengan mengunggah karya dalam bentuk live session atau music video. Dari dua jenis karya ini, pendaftar bisa memilih salah satu diantaranya untuk didaftarkan, atau bahkan keduanya bisa di submit.

    Seluruh musisi/band pendaftar akan dikurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival sehingga akan didapat maksimal 100 band di tiap regional yang diikutsertakan dalam seleksi.

    Selanjutnya, setelah proses dan tahap pendaftaran dan submission, peserta akan diseleksi menjadi 20 peserta di tahap kedua, dan di tahap ketiga akan diseleksi kembali menjadi 10 peserta.

    Di babak grand final, dari 10 peserta ini akan dipilih 2 musisi berbakat dari masing-masing regional yang akan tampil di acara puncak Prambanan Jazz Festival 2022 bersama dengan musisi ternama nasional maupun internasional.

    Proses penyisihan akan berlangsung hingga tahap Grand Final pada tanggal 18 Juni 2022 untuk regional Banten, Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, dan Bogor.

    Untuk tahap akhir selesi atau Grand Final di region Jawa Barat akan diselenggarakan pada 6 Juni 2022.

    Baca juga: Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 Digelar 11-12 September

    Penilaiannya akan dilakukan oleh juri perwakilan dari masing-masing regional didampingi oleh Anas Alimi selaku CEO Rajawali Indonesia sekaligus Founder Prambanan Jazz. Acara puncaknya akan diselenggarakan secara langsung dengan format live performance dari masing-masing peserta.

    Ditanya mengenai perbedaan antara ajang Borneo dan Jawara Jakarta, Anas Alimi percaya bahwa antusiasme dan potensi talenta dan musisi yang ikut dalam program ini akan jauh lebih besar dan jauh lebih baik juga.

    “Saya yakin di Jawa Barat dan di Jakarta ini banyak band atau musisi yang bisa ikutan, karena secara geografis (lebih strategis) dan secara infrastruktur lebih mudah (diakses),” tambahnya.

    Faizal mengungkapkan bahwa, “banyak musisi dan talenta muda berbakat di Jakarta dan Jawa Barat yang belum terekspos. Kami ingin menempatkan mereka di sebuah panggung yang sama dengan rekan-rekan (musisi) seniornya.”

    “Ini adalah proses regenerasi yang harus kita lakukan dan ini adalah upaya-upaya yang kami lakukan sebagai kontribusi besar untuk perkembangan musik di Indonesia,” tambahnya.

    Akan ada dua musisi dari tiap regional yang akan menjajal panggung megah Prambanan Jaz  Festival 2022 dan juga tampil pada di salah satu program tayangan channel i-Konser di IndiHomeTV. Pemenang yang terpilih untuk tampil di Prambanan Jazz Festival diharapkan bisa menampilkan setidaknya 4 lagu orisinil.

    Prambanan Jazz Festival 2022 ini sendiri memiliki antusiasme yang sangat tinggi, terbukti dari penjualan 10 ribu tiket offline yang sudah ludes terjual dalam beberapa hari saja. 

    Saking membludaknya, Anas mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk mengganti venue ke venue dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

    Prambanan Jazz Festival 2022 akan diselenggarakan secara offline dan akan ditayangkan di platform iKonser bagi mereka yang ingin menonton secara online. Festival musik ini akan diselenggarakan pada 1 hingga 3 Juli 2022 mendatang dengan penampilan dari musisi-musisi ternama bahkan internasional di kawasan pelataran Candi Prambanan Yogyakarta.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini