home ×
Digilife

Sejarah Baru, NASA Berhasil Terbangkan Helikopter di Mars

20 April 2021 By
Sejarah Baru, NASA Berhasil Terbangkan Helikopter di Mars
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - NASA berhasil menerbangkan Ingenuity - sebuah helikopter mini - di Planet Mars pada Senin (19/4/2021). Peristiwa ini jadi sejarah baru sepanjang peradaban manusia karena menerbangkan helikopter di planet selain Bumi.

"Ingenuity melaporkan telah melakukan spin up, lepas landas, pendakian, hover, descent, landing dan spin down," kata kontrol penerbangan Jet Propulsion Laboratory NASA di webcast.

NASA menerbangkan helikopter seberat 4 pon itu selama 39,1 detik ke ketinggian sekitar 10 kaki di atas permukaan.

Baling-baling helikopter berputar lebih dari 2.500 putaran per menit. Jauh lebih cepat daripada helikopter di bumi karena tipisnya atmosfer lingkungan Mars.

BACA JUGA: Data Kena Ransomware, Ini yang Harus Kamu Lakukan

"Sekarang, 117 tahun setelah Wright bersaudara berhasil melakukan penerbangan pertama di planet kita, helikopter Ingenuity NASA telah berasil melakukan prestasi luar biasa ini di dunia lain," kata administratr asosiasi sains NASA Thoas Zurbuchen dalam sebuah pernyataan.

"Meskipun dua momen ikonik dalam sejarah penerbangan ini mungkin dipisahkan oleh waktu dan jarak 173 juta mil, mereka sekarang akan selamanya terhubung."

BACA JUGA: Google Earth Rilis Timelapse Perubahan Bumi Selama 37 Tahun Terakhir

Penerbangan itu bersifat otonom, mengingat penundaan komunikasi selama 15 menit antara lokasi NASA di California dengan permukaan Mars.

Ingenuity membawa sepotong kecil kain dari sayap Flyer 1, pesawat Wright bersaudara yang pada tahun 1903 melakukan penerbangan bertenaga mesin pertama di bumi.

Helikopter itu tiba di Mars bersama Rover Perseverance NASA, yang mendarat pada 18 Februari setelah perjalanan selama 6 bulan lamanya. (CNBC)

VIDEO Review Realme 8 Pro Indonesia

.id - 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article