icon-category Auto

Nasib Honda Mobilio, Hanya Tersisa Tipe Terendah Transmisi Manual

  • 06 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Honda

Uzone.id - Seiring dengan penjualannya yang terus menurun, perlahan tapi pasti, Honda Mobilio makin meredup. Bahkan, tahun 2023 ini, di website resmi Honda hanya tersisa satu tipe saja.

Ya, Honda saat ini hanya menjual Honda Mobilio tipe S MT seharga Rp229 jutaan. Mobil ini memang sengaja ‘disisakan’ untuk memenuhi permintaan segmen fleet.

BACA JUGA: Periskop 2023: Honda Scoopy 160 Semoga Jadi Kenyataan

Honda sendiri awalnya mengatakan, berkurangnya produksi Honda Mobilio bukan karena kurang laku, tapi untuk mengimbangi tingginya permintaan Honda Brio, sehingga produksinya harus digenjot, dengan mengorbankan jatah Mobilio.

Selain itu, kelangkaan chip juga membuat Honda harus memilih prioritas mobil mana yang mau di dahulukan produksinya.

“Kekurangan komponen di Honda Brio dan Mobilio itu sama, karena platformnya sama. Jadi kami lebih mengutamakan produksi Brio karena demand-nya sangat tinggi,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM saat dikonfirmasi Uzone.id

Lalu kenapa Honda hanya menyisakan satu tipe, yakni tipe S transmisi manual? Billy mengatakan saat ini Honda Mobilio tipe S manual tersebut diminati segmen fleet sehingga tetap dipertahankan.

BACA JUGA: Mulai Tahun Ini, Bersiap Data STNK Mati 2 Tahun Bakal Dihapus

Selain itu, ujarnya lagi, untuk mobil dengan kapasitas tujuh penumpang, saat ini Honda tidak lagi fokus pada MPV, tapi lebih memilih untuk fokus mengembangkan segmen SUV.

“Segmen 7 penumpang kami fokus ke SUV, yaitu BR-V. Karena sesuai dengan kondisi infrastruktur jalanan dan kebutuhan konsumen Indonesia yang memerlukan mobil dengan ground clearence tinggi,” tutup Billy.

VIDEO Test Drive Wuling Almaz Hybrid:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini