icon-category Auto

Ngabuburide: Kisah Makki Ungu dan Andra Touring Jelajah Indonesia

  • 16 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Makki Ungu bersama Andra pemilik konten Father and Son Ride For Friendship di acara Ngabuburide Bareng Uzone.id (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Ada yang menarik di event Ngabuburide Bareng Uzone.id yang digelar Sabtu (16/4/2022) sore. Event yang pertama kali digelar ini turut mengundang bintang tamu Makki Parikesit atau dikenal Makki Ungu.

    Selain dikenal musisi, Makki memang dikenal doyan touring dengan motor gedenya.

    Selain itu, ada Andra bersama putranya Onel pemilik konten Father and Son Ride For Friendship. Mereka berbagi cerita soal pengalaman riding mengelilingi Indonesia. 

    Andra memulai cerita, dia bersama putranya mulai dari awal 2021 hingga awal 2022 sudah bikin tiga event touring, yakni Timor Leste PP, Jakarta-Aceh PP, dan Jakarta to Papua.

    Perjalanan selama 2 bulan di Papua salah satu yang berkesan karena alamnya yang keren. Itu jadi pesan ke teman-teman untuk mencintai Indonesia bisa melalui kegiatan riding ke daerah-daerah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. 

    >>> Community Week: Pemilik Pajero Keluhkan Ngebut di Tol 120 Km/Jam Ditilang

    "Dan itu pengalaman saya luar biasa. Pulau-pulau yang keren dan banyak bertemu dengan teman-teman bikers yang menyambut kami sangat luar biasa karena perjalanan bapak dan anak sangat diminati di daerah-daerah karena menjadi contoh motivasi atau kepada teman-teman bapak punya anak bisa menyisakan waktu untuk jalan bareng, gak harus motor sih, sepeda bisa, mobil bisa," kata Andra di acara yang digelar di Mulia Business Park, Jakarta Selatan.

    Dia menambahkan, hubungan bapak sama anak bisa lebih dekat apalagi dengan touring semlama berbulan-bulan.

    Baginya, hubungan dengan anak sudah seperti sahabat. Jadi ada pesan kepada para ayah yang seumuran dengan Andra, jika punya anak laki-laki ajaklah berkelililing sehingga ada kedekatan antara bapak dengan anak untuk mencintai Indonesia

    "Saya dan Onel ini di-couching oleh IRA (Indonesia Ride Adventure) untuk pelatihan skill untuk dual purpose, dari medan tanah dan aspal waktu itu setahun yang lalu, kami dibekali IRA kemudian kami bisa menuntaskan perjalanan kami keliling Indonesia," ucap Andra.

    Giliran Makki yang memberikan testimoni pengalamannya touring menjelajahi Indonesia bersama putrinya, Naldia Shu Makki. 

    Uniknya, Makki tak cuma touring pakai motor gede. Selama melakukan penjelajahan, dia bersama putrinya juga melakukan hiking 7 gunung sepanjang jalan.

    "Saya bikin perjalanan kombinasi riding sama hiking di Jakarta sampai ke Sembalun (di Pulau Lombok). Kita riding 1500-an kilo kalau gak salah," kata Makki.

    BACA JUGA: Harga di Atas Setengah Milyar, Hyundai IONIQ 5 Paling Laris di IIMS 2022

    Terlepas dari kegiatan hiking dan riding yang dilakukan Makki. Di sela itu, Makki melakukan kegiatan CSR dan kegiatan lainnya bersama teman-teman di daerah yang disambangi.

    "Emang paling enak jalan sama anak dan selama ini 2 tahun ini terkurung di ruangan, dibawa ke outdoor gitu, happy banget, malah gue ditinggal melulu naik gunung, dia (Naldia) lari ke atas (gunung)," kenang Makki. 

    Selama touring menjelajah Indonesia, Makki merasakan pengalaman sepanjang jalan bahwa kita kurang perhatian sama negeri sendiri.

    "Contoh bikin perpustakaan begitu senangnya teman-teman di daerah, baca buku, diskusi, ide-ide besar yang gak ada tempat di Indonesia mungkin bisa kita bantu fasilitasi dengan komunikasi lebih dalam lagi," ungkap Makki.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini