icon-category Gadget

Nokia C31 dan C21 Plus ‘Made in Batam’ Segera Debut di Indonesia

Uzone.id - HMD Global mengumumkan produksi smartphone terbaru Nokia di Indonesia. General Manager HMD Global untuk Indonesia, Hero Tjokroardi menyatakan, smartphone terbaru ini adalah Nokia C21 Plus dan Nokia C31.

Kedua smartphone ini memang sudah mengantongi sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), dan rencananya bakal dipasarkan secara resmi di Indonesia pada Q4-2022 melalui jaringan ritel Erajaya Group.

Nokia C21 Plus dengan nomor model NOKIA TA-1424 mendapatkan sertifikat TKDN pada 15 Agustus 2022 lalu. Smartphone ini mengantongi nilai TKDN sebesar 37,20 persen dengan nomor sertifikat 3821/SJ-IND.8/TKDN/8/2022.

Sedangkan Nokia C31, ponsel dengan kode NOKIA TA-1493 itu memperoleh sertifikat TKDN bernomor 4820/SJ-IND.8/TKDN/9/2022 pada 29 September yang lalu. Sama halnya, smartphone ini punya nilai TKDN 37,20 persen.

Baca juga: Realme 10 Cuma Rp2 Jutaan, RAM Bisa Di-upgrade Sampai 16 GB

Hero menyebut, kedua smartphone terbaru Nokia akan diproduksi di Indonesia, tepatnya pada fasilitas pabrik milik PT Sat Nusapersada Tbk. 

“Kami sangat bersemangat dengan dimulainya produksi smartphone Nokia C-series terbaru di Batam. Hal ini merupakan komitmen kami untuk menghadirkan produk smartphone yang sesuai dengan peraturan pemerintah Indonesia,” jelasnya.

Spesifikasi Nokia C31

Mengutip dari GSMArena, Nokia C31 diluncurkan pada awal September yang lalu. Smartphone ini punya layar yang begitu luas, ukurannya 6,75 inci dengan resolusi HD+. Panel berjenis IPS LCD tersebut diberikan lapisan pelindung yang menjaganya dari goresan halus.

Nokia C31 ditenagai oleh prosesor Unisoc 9863A1, prosesor dengan arsitektur 28nm yang menyuguhkan power maksimum 1,6 GHz. Ditunjang dapur pacu yang cenderung pas-pasan, smartphone ini justru tak berjalan di sistem operasi Android Go Edition, melainkan Android 12 murni.

HMD Global selaku pemegang lisensi untuk smartphone Nokia menjanjikan update keamanan rutin tiap 4 bulan selama 2 tahun ke depan. Untuk pilihan RAM mulai 3 GB sampai 4 GB, sementara penyimpanan internal dari 32 GB sampai 128 GB.

Baca juga: Beli iPhone Resmi di Digimap Kok Gak Dapat Sinyal?

Jangan khawatir kehabisan storage, karena penyimpanannya bisa ditambah dengan microSD hingga 256 GB. Di sektor baterai, kapasitasnya 5.050 mAh yang hanya bisa dicas dengan output 10W saja.

Di bagian kamera, smartphone ini punya tiga kamera belakang yang terdiri dari 13 MP kamera utama dan sepasang kamera makro dan depth masing-masing 2 MP. Sementara di depan, tersedia kamera selfie 5 MP.

Spesifikasi Nokia C21 Plus

Beda lagi dengan Nokia C21 Plus, ponsel ini justru sudah diperkenalkan secara global pada Februari yang lalu. 

Nokia C21 Plus membawa layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi dan jenis panel yang sama dengan Nokia C31. Ditenagai prosesor unisoc SC9863A, ponsel ini lebih ‘sadar diri’, karena menjalankan sistem operasi Android 11 (Go Edition).

HMD Global memastikan, smartphone tersebut tetap mendapatkan pembaruan keamanan rutin selama 2 tahun ke depan. Punya form factor lebih kecil, berdampak pula pada kapasitas baterainya yang cukup mungil. 

Baca juga: Bentar-bentar, Kok Xiaomi 13 Malah Mirip iPhone 14 Pro?

Nokia C21 Plus cuma ditopang oleh baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Meski kecil, baterai ini diklaim bisa bertahan sampai 2 hari pemakaian normal.

Beda dengan Nokia C31, cuma ada sepasang kamera belakang saja yang terdiri kamera utama 13 MP dan 2 MP untuk depth. Sedangkan untuk kamera selfie-nya beresolusi 5 MP. 

“Setiap orang harus dapat menikmati pengalaman yang baik dalam menggunakan perangkat selularnya. Nokia C-series yang akan datang ini, hadir dengan kombinasi material yang berkualitas, fitur yang canggih dan baterai yang dapat diandalkan. Semuanya untuk para penggemar kami yang menginginkan produk smartphone tahan lama,” ungkap Hero.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini