home ×
Auto

Nyoba Service Kunjung Yamaha, Mindahin Bengkel Resmi ke Rumah!

29 May 2020 By
Nyoba Service Kunjung Yamaha, Mindahin Bengkel Resmi ke Rumah!
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Sejak PSBB banyak pabrikan yang menawarkan layanan service kendaraan dirumah. Gak hanya pabrikan mobil, pabrikan motor pun juga menawarkan layanan tersebut.

Yamaha salah satunya. Mereka menamakan layanannya Service Kunjung Yamaha (SKY). Nah, pertayaannya, dari sekian banyak pengguna motor Yamaha, efektifkah layanan ini? Atau hanya gimmick semata?

Pertanyaan tersebut wajar terlontar dari banyak bikers. Wajar, bikers di Indonesia kan seolah masih terpinggirkan. Jangankan layanan home service yang mewah itu, parkir di mall aja kadang gak dianggap.

BACA JUGA: Logo dan MPV Baru Wuling, Bakal Hadir di Indonesia?

Karena itu, kami pun mencoba layanan Service Kunjung Yamaha tersebut. Bermodalkan Yamaha NMax lansiran tahun 2016 yang kilometernya sudah 44 ribu. Mumpung masih nganggur, sekalian aja kita service.

Dimulai dari menghubungi diler terdekat dari lokasi kalian. Untuk diketahui, layanan SKY ini memang gak semua diler resmi Yamaha bisa melakukannya. Biasanya, sudah dibagi per wilayah, diler-diler mana saja.

Setelah mengontek diler, barulah membuat janji pertemuan untuk pengecekan motor di rumah. Oiya, pastikan ada tempat yang lelusa untuk bongkar dan utak-atik motor kalian yaa..

Petugas SKY pun datang ke rumah. Ada dua orang, satu manager atau kepala bengkel, satu lagi mekanik. Asiknya, dengan sekaligus dua orang, pengerjaan jadi lebih cepat.

Petugas SKY yang datang tersebut lengkap dengan masker dan sarung tangan, kemudian, sebelum memulai pengerjaan, mereka menyemprotkan disinfektan ke motor dan sekitaran ruang service.

"SOP standar Covid pastinya mas. Kemudian kita melakukan pengecekan dulu dan test ride, untuk tau apa motornya ada masalah tau tidak, ada komponen yang perlu diganti atau tidak," ujar Satiri, Kepala Bengkel Yamaha Harapan Motor Cilodong Depok, yang kebetulan menawarkan layanan SKY di kawasan Depok.

Setelah itu barulah motor dikerjakan layaknya di bengkel resmi. Mereka membawa peralatan service standar sesuai dengan kebutuhan motor. Mulai dari toolkit lengkap, laptop untuk pengecekan ECU dan juga parts yang sekiranya harus diganti.

"Untuk biayanya sendiri, sama dengan di bengkel resmi. Selain itu, pembayarannya gak harus cash, karena bisa melalui debit atau transfer setelah invoice dikirimkan," tambah Satiri.

Hampir semua pengerjaan bisa dilakukan, mulai dari service berkala, service besar, penggantian komponen fast dan slow mooving, semuanya bisa dilakukan di rumah.

"Kecuali ganti ban, agak ribet karena alatnya besar, jadi baiknya di bengkel, takut menggores pelek kalau dilakukan manual," ujarnya lagi.

Kami melakukan service berkala 44 ribu KM, ada 23 titik pengecekan. Kemudian cek dan bersihkan injektor, kuras radiator, ganti perolian, bongkar CVT, ganti roller, mangkuk dan kampas kopling, juga mengganti kampas rem depan dan bearing roda depan serta setel komstir.

Semua pekerjaan tersebut selesai dalam jangka waktu 2 jam dengan hasil memuaskan, layaknya motor dikerjakan di bengkel resmi Yamaha. Garasi rumah juga tidak sampai berantakan dan kotor.

Kesimpulannya, SKY dari Yamaha ini sangat berfaedah terutama saat konsisi PSBB seperti sekarang ini. Dengan biaya yang sama, namun dengan layanan mewah seperti ini, rasanya jadi nilai plus tersendiri buat pengguna motor Yamaha.

VIDEO Rekondisi Yamaha NMax 2016, Berapa Total Biayanya?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id