icon-category Gadget

Oppo A17 Lolos TKDN Indonesia, Prosesornya Masih 'Stok lama'

Uzone.id - Smartphone kelas entry, Oppo A17 telah diluncurkan di Malaysia dan bakal diperkenalkan di Indonesia. Oppo A17 ditenagai prosesor low-end dari MediaTek, dijual dengan harga sejutaan, dan dirancang dengan desain yang cukup menawan.

Oppo A17 dibuat agar terlihat tak murahan. Oppo malah merancangnya dengan desain yang elegan dan cukup mewah. Bodi belakangnya saja memiliki tekstur seperti kulit, sehingga lebih nyaman dan pas digenggaman.

Ada dua opsi warna yang melapisi bodi belakang smartphone ini, Lake Blue berwarna biru cerah dan Midnight Black yang terlihat gagah. 

Masih di bagian belakang, modul kameranya juga terlihat kekinian dengan dua lingkaran besar di sudut kiri atas bodi belakang. Dua lingkaran ini menyimpan masing-masing satu kamera, kecuali di bagian bawah yang digabung dengan LED flash.

Adapun untuk konfigurasi kameranya, terdapat kamera utama dengan sensor 50MP dan kamera depth 2MP. 

Baca juga: Harga Lebih Murah, Oppo Reno8 Pro Lebih Laris dari Reno6 Pro

Di depan, Oppo A17 masih standar dengan layar IPS LCD berukuran 6,56 inci dengan aspek rasio yang memanjang dan memiliki poni atau notch sebagai tempat buat kamera selfie 5MP. Resolusinya cuma HD+ dan belum mendukung refresh rate tinggi, cuma 60Hz saja.

Ditenagai MediaTek Helio G35

Oppo A17 masih menggunakan prosesor yang sama dengan seri sebelumnya, Oppo A16 Series. MediaTek Helio G35 masih dipercaya menopang segala proses yang berjalan, padahal prosesor ini terbilang 'tua', lantaran diperkenalkan di tahun 2020 lalu.

Bersamaan dengan memori penyimpanan 64 GB tanpa slot microSD dan RAM 4 GB yang bisa ditambah sampai 8 GB secara virtual.

Smartphone ini ditunjang oleh baterai dengan kapasitas 5.000 mAh, sayang tak mendukung fast charging sama sekali. Port ponsel ini juga belum USB-C, masih micro USB yang terbilang jadul.

Fitur lainnya, Oppo A17 sudah berjalan di ColorOS 12.1 berbasis Android 12. Smartphone ini sudah mengusung sensor sidik jari di tombol power bagian samping.

Siap dirilis di Indonesia

Di Malaysia, Oppo A17 dibanderol dengan harga MYR599 atau setara dengan Rp1,9 jutaan. Ponsel ini sudah dijual resmi di Negeri Jiran. Sementara di Singapura, ponsel ini sudah bisa dipesan melalui skema pre-order.

Kabar baiknya, Oppo A17 pun segera masuk ke Indonesia. Dari pantauan tim Uzone.id melalui situs resmi TKDN Kementerian Industri (Kemenperin), Oppo A17 dengan nomor model OPPO CPH2477 telah mengantongi sertifikasi TKDN pada 18 Agustus lalu dengan nilai 35,50 persen.

 

TKDN Oppo A17
TKDN Oppo A17K

Ada versi A Series lainnya yang telah mendapatkan sertifikasi TKDN juga, yakni Oppo A17K dengan nomor model OPPO CPH2471. Smartphone tersebut mendapatkan sertifikasi TKDN pada 23 Agustus lalu dengan nilai 35,80 persen.

Baca juga: Pasar Smartphone Indonesia Lesu, Takhta Samsung Direbut Oppo

Tak hanya TKDN, Oppo A17 juga sudah mendapatkan izin dari Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). OPPO CPH2477 mendapatkan sertifikasi pada 24 Agustus, semenrara CPH2471 mengantongi izin pada 30 Agustus.

Didapatkannya kedua syarat utama tersebut, kemungkinan Oppo A17 segera diperkenalkan di Indonesia dalam waktu dekat. 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini