icon-category Gadget

Oppo A57 Bakal Dirilis, Desainnya 'Contek' Reno Series

Uzone.id - Oppo bakal membawa smartphone menengah terbaru ke Indonesia, yang diklaim punya desain kece yang terinspirasi dari Oppo Reno Series. Bernama Oppo A57, smartphone ini bakal diperkenalkan ke Indonesia pada 21 Juli mendatang.

Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia mengatakan, Oppo A57 merupakan suksesor dari Oppo A55 yang selama ini tercatat di berbagai laporan firma riset ternama sebagai salah satu perangkat terlaris Oppo di Indonesia.

Ia mengklaim, selama ini penerimaan konsumen terhadap perangkat lini seri A5 sangatlah baik. Apalagi perusahaan selalu memberikan desain perangkat premium yang dilengkapi dengan berbagai pilihan warna unik untuk menarik minat konsumen di tanah air.

“Oppo A57, desain menjadi perhatian utama, membawa bahasa desain seperti layaknya lini seri Reno, menghadirkan desain retro modern yang stylish dengan pilihan warna baru yang lebih segar,” jelasnya, dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id pada Selasa (12/7).

Oppo A57 mengusung bingkai bodi yang flat, pertama kalinya untuk lini seri A5. Bingkai bodi yang datar memang jadi tren pada ponsel kelas menengah zaman sekarang. Selain kelihatan elegan, desain tersebut juga membuat ponsel terasa berkelas dan tak murahan.

Akan tetapi, desain bodi yang datar biasanya kurang nyaman digenggam. Oppo sadar akan hal itu, sehingga pabrikan asal China tersebut memberikan desain tepian lengkung 2,5D pada bodi Oppo A57.

Baca juga: Pabrik Oppo Pindah ke Bayur

Untuk pertama kalinya juga, Oppo A57 dibuat dengan desain Oppo Glow. Desain ini menjadikan permukaan ponsel lebih berkilau ketika terkena cahaya dan tahan terhadap goresan serta bebas sidik jari.

“Oppo A57 hadir dalam dua pilihan warna di Indonesia, Glowing Black dan Glowing Green,” kata Aryo.

Oppo A57 akan diluncurkan secara resmi di Indonesia pada 21 Juli mendatang. Perkenalan resmi ini akan berlangsung tidak seperti biasanya, karena perusahaan akan melakukan peluncuran perangkat ini melalui media sosial Tiktok OPPOIndonesia dan juga OPPOstore.Indonesia.

Oppo juga bertujuan untuk memperkenalkan platform jual beli perangkat resmi pada aplikasi Tiktok Shop. Sayang, perusahaan asal China ini belum mengungkap spesifikasi dan model Oppo A57 yang akan dibawa ke tanah air.

Ada Varian 4G dan 5G

Di luar, Oppo A57 tersedia dalam model 5G dan 4G LTE. Untuk varian 5G, smartphone ini ditenagai MediaTek Dimensity 810 yang dipasangkan dengan RAM 6/8 GB serta memori penyimpanan sampai 128 GB.

Sedangkan varian 4G, Oppo A57 dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G35. Prosesor ini kelas entry-level, dan dipadukan dengan RAM 3 GB dan memori penyimpanan 64 GB.

Keduanya punya desain yang kurang lebih sama, layar dengan notch di bagian atas serta modul kamera persegi dengan dua lingkaran kamera yang cukup besar.

Oppo A57 5G mengusung layar LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD+ dan sudah mendukung refresh rate 90Hz. Walau resolusinya rendah, layarnya bisa menampilkan warna yang natural berkat 100% DCI-P3 pada mode Vivid.

Untuk kamera, terdapat sepasang kamera 13MP dan 2MP di belakang serta kamera selfie 8MP di depan. Adapun pada baterainya, berkapasitas 5.000 mAh tanpa dukungan fast charging.

Baca juga: Snapdragon 7 Gen 1 Bikin Ponsel Menengah Terasa 'Over Power'

Sedangkan model 4G LTE, punya layar yang masih sama. Akan tetapi, refresh rate-nya standar 60Hz saja. Mungkin karena Helio G35 yang tak begitu ‘ngangkat’ untuk frekuensi refresh di atas 60Hz.

Bagian kameranya sama dengan varian 5G, begitu juga kapasitas baterai dan ketiadaan dukungan fast charging. Fitur lainnya juga serupa, mulai dari jack audio 3,5mm, rating IP54, hingga port USB-C.

Soal harga, Oppo A57 5G dijual 18.000 rupee atau Rp3,3 jutaan, sementara varian 4G dibanderol 4.999 baht atau Rp2 jutaan saja.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini