icon-category Gadget

Oppo Indonesia Siapkan Smartphone Baru, Reno 8T dan A78 5G

Uzone.id - Dua smartphone Oppo kemungkinan bakal meluncur di Indonesia dalam waktu dekat. Kedua perangkat tersebut sudah mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan sertifikasi Postel dari Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Perangkat yang pertama memiliki nomor model OPPO CPH2481 yang telah terdaftar pada situs sertifikasi postel dengan nomor 86271/SDPPI/2022 dan telah mengantongi sertifikat TKDN sejak 5 Oktober 2022 dengan nilai 35,79 persen.

Dari berbagai informasi yang dihimpun tim Uzone.id, nomor model CPH2481 diduga sebagai Oppo Reno 8T yang mendukung jaringan 4G, seperti keterangan di situs TKDN Kemenperin. 

Kemunculan Oppo Reno 8T pertama kali terungkap di situs sertifikasi Bluetooth SIG, EEC, SIRIM dan Element Materials Technology. Konon, smartphone ini akan tampil dengan desain kamera ala Oppo A1 Pro yang pertama kali meluncur di China.

Baca juga: FOTO: Jelajah Bodi Oppo Pad Air

TKDN Oppo Reno 8T

Lantaran masih mendukung jaringan 4G LTE, maka Oppo Reno 8T kabarnya bakal ditopang oleh prosesor MediaTek Helio G99 dengan baterai yang mendukung teknologi fast charging 33W.

Sebenarnya, Oppo Reno 8T juga ada varian yang mendukung teknologi 5G yang ditunjang oleh prosesor Snapdragon 695, mirip seperti Oppo A1 Pro. Memang masih belum jelas, namun Oppo Indonesia memastikan kalau perangkat ini akan menjadi suksesor dari Reno8 Series yang diperkenalkan tahun lalu.

Oppo A78 5G bakal meluncur di Indonesia

TKDN Oppo A78 5G

Perangkat kedua memiliki nomor model OPPO CPH2483. Bedanya, situs TKDN Kemenperin mencatat bahwa smartphone ini sudah mendukung jaringan 5G.

Dari penelusuran tim Uzone.id, ponsel dengan nomor model CPH2483 adalah Oppo A78 5G yang sudah mejeng di situs Oppo Malaysia. Smartphone ini menampilkan desain yang eye-catching berkat dua warna, Glowing Black dan Glowing Purple. 

Ditopang prosesor MediaTek Dimensity 700 yang mendukung 5G, Oppo A78 5G turut membawa RAM 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 128 GB berjenis UFS 2.2. Disematkan juga baterai 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 33W.

Baca juga: Cek Jadwal dan Daftar Ponsel Oppo yang Dapat Update ColorOS 13 Tahun Ini

Smartphone ini mengusung panel IPS LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD+ saja. Dukungan refresh rate-nya mencapai 90Hz, plus adanya touch sampling rate 90Hz juga untuk memberikan sensasi sentuhan yang cukup mulus.

Soal baterai, terdapat kamera selfie 8 MP yang terpasang pada notch atau poni di bagian atas layar. Sementara di belakang, terdapat kamera utama 50 MP dan kamera monochrome 2 MP.

Fitur lainnya, smartphone ini mendukung RAM Expansion sampai 8 GB, dibekali fitur speaker stereo dengan fitur Ultra Volume Mode hingga 200 persen, sampai rating IPX4 tahan percikan air. 

Di Malaysia, harga Oppo A78 5G dibanderol RM1.099 atau setara Rp3,8 jutaan. Belum diketahui pasti, kalau benar meluncur di Indonesia, harganya akan sama atau tidak.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini