icon-category Digilife

Orang Indonesia Habiskan 4,7 Jam untuk Online saat Pandemi

  • 13 Nov 2020 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Penggunaan internet di Asia Tenggara terus bertumbuh. Berdasarkan laporan terbaru dari Google, Temasek dan konsultan Bain & Co ada 40 juta pengguna baru pada 2020, sehingga total menjadi 400 juta year-to-date dibanding 360 juta pada 2019.

    Di Indonesia pengguna beralih ke internet guna mencari solusi untuk berbagai tantangan yang muncul tiba-tiba di tengah lockdown akibat pandemi virus Corona (Covid-19). Sejumlah besar orang mencoba layanan digital baru.

    Baca juga: Ekonomi Internet Asia Tenggara Tembus Rp1.475 Triliun di 2020, Indonesia Double Digit

    “37 persen dari total pengguna layanan digital termasuk dalam kategori baru (sedikit lebih tinggi daripada rata-rata Asia Tenggara), dengan 93 persen dari mereka berniat untuk melanjutkan perilaku tersebut setelah pandemi,” tulis laporan tersebut.

    Sementara itu, terkait waktu online, masyarakat Asia Tenggara menggunakan internet rata-rata satu jam lebih lama selama lockdown, dan sangat mudah mengetahui alasannya.

    Baca juga: 2025, Produk Google Tak Lagi Pakai Plastik

    Orang Indonesia, khususnya, menghabiskan 3,6 jam online (untuk penggunaan pribadi) sebelum Covid-19, yang naik menjadi 4,7 jam pada masa puncak lockdown, dan sekarang berada di angka 4,3 jam per hari.

    “Dengan 8 dari 10 pengguna menganggapnya sangat membantu selama pandemi, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari,” ungkap laporan tersebut.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini