icon-category Auto

Pakai BMW M4 GT3, Pembalap Indonesia Satu Team dengan Valentino Rossi

  • 12 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Twitter WRT

Uzone.id - Seperti kita tau, pasca pensiun dari motoGP, Valentino Rossi kini aktif di balap mobil dan rally. Paling baru, Rossi akan ikutan balap mobil 24 jam di Dubai (24H Dubai).

Menariknya, Valentino Rossi akan menjadi reka satu tim pembalap Indonesia, Sean Gelael, dimana keduanya tergabung di tim BMW M Team WRT #46 dan akan mengendarai BMW M4 GT3.

Mobil balap tim BMW M Team WRT #46 ini juga sudah diluncurkan livery terbarunya dengan dominasi warna hitam dan kuning khas Valentino Rossi, berikut nomor legendarisnya 46.

BACA JUGA: Penampakan Chery Omoda 5 Versi Setir Kanan, Siap Dijual?

Juga ada yang menarim dari livery BMW M4 GT3 ini. Kalau kalian perhatikan, pada bagian samping belakang, terpampang logo bank BNI yang jadi sponsor asal Indonesia.

Makin klop juga kan angka 46 di logo BNI dengan nomor sang legenda hidup Valentino Rossi?

24H Dubai merupakan balapan ketahanan mobil di regional Timur Tengah. Balapan ini sudah digelar sejak 2006 dan pada 2015 mengusung format 24 jam. Adapun kelas utama yang dilombakan adalah GT3.

Kelas GT3 diikuti oleh 20 mobil yang merupakan terbanyak dari semua kelas. Selain BMW, pabrikan lain yang ambil bagian adalah Audi, Mercedes, Ferrari, Porsche, dan McLaren.

BMW M4 GT3 yang digunakan Rossi dan Sean tampil sangat sporty layaknya moibl-mobil balap dan sudah dibekali komponen aerodinamika hasil rancangan pabrikan, mulai dari bumpernya, side skirt-nya, over fender hingga spoiler belakang yang nampak cukup besar dan radikal.

Dikutip Uzone.id dari BMW USA, BMW M4 GT3 merupakan pengembangan dari versi standar BMW M4, dibekali mesin P58 dengan konfigurasi 6 silinder segaris berkapasitas 3.000cc M TwinPower Turbo. Mesin tersebut bisa menghasilakn tenaga sebesar 590 Hp dan torsinya 699 Nm.

BMW menekankan handling pada M4 GT3 ini, dimana pabrikan Jerman tersebut berani mengklaim kalau mobil ini mudah sekali dikendalikan, bahkan untuk pemula sekalipun.

BACA JUGA: Kendaraan yang STNK-nya Hangus, Apakah Bisa Dihidupkan Lagi?

Ada beberapa teknologi yang dipasang untuk memungkinkan mobil ini ramah bagi pengemudi. Di antaranya kopling elektro hidraulis yang dioperasikan dengan paddle di setir yang memakai teknologi terbaru BMW.

Fitur tersebut mendukung start otomatis termasuk anti-stall yang menghalangi mesin mati saat melepas kopling.

Transmisinya juga menggunakan Xtrac transaxle enam percepatan yang diambil dari BMW M8 GTE. Begitu juga dengan sistem asistennya yang lebih baru dengan adanya traction control dan juga braking assisted dengan software terbarunya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini