home ×
Digilife

Pakistan Sudah Punya Digital Payment System, Dikembangkan Bill Gates

12 January 2021 By
Pakistan Sudah Punya Digital Payment System, Dikembangkan Bill Gates
Share
Share
Share
Share

Photo by CardMapr on Unsplash

Uzone.id - Pakistan kini telah meluncurkan sistem pembayaran digital yang diberi nama Raast. Sistem pembayaran ini didukung penuh oleh pemerintahan setempat, dibantu pengembangannya oleh Bill Gates.

Menurut pemerintah sana, digital payment system ini merupakan salah satu cara untuk mempercepat digitalisasi guna meningkatkan ekonomi negara. Diharapkan penerapannya bisa mudah, efisien dan murah.

Sistem pembayaran ini diharapkan bisa membantu masyarakat Pakistan untuk memiliki akses ke perbankan. Khususnya memberi kesempatan kepada UMKM di negara tersebut. Apalagi, menurut pemerintah setempat, tak banyak warga Pakistan yang memiliki akses ke bank, seperti warga di pedalaman dan para wanita.

Baca juga: Ini yang Dikhawatirkan Bill Gates Soal Vaksin Corona

"Laki-laki di Pakistan memiliki peluang lima kali lebih besar ketimbang wanita, untuk memiliki rekening bank. Selain itu, 40 persen dari populasi, hanya 14 persen yang memiliki akun bank," ujar pejabat bank pusat di Pakistan, seperti dikutip dari ZDNet, Selasa, 12 Januari 2021.

Ditambahkan Bill Gates dalam keterangan resminya, diharapkan dalam beberapa tahun ke depan akan bisa terlihat kontribusi baik dari sistem pembayaran ini. Tujuan kami adalah memberikan alat yang mereka butuhkan untuk digunakan warga keluar dari zona kemiskinan.

Baca juga: Warga AS Percaya Bill Gates Pakai Vaksin Covid-19 untuk Tanam Microchip ke Manusia

Raast akan diluncurkan dalam tiga fase. Fase pertama, yang dimulai pada awal minggu, mencakup modul pembayaran massal yang memungkinkan digitalisasi pembayaran dividen, gaji, pensiun, dan pembayaran lain dari departemen pemerintah.

Pada tahap berikutnya, Raast akan mendigitalkan pembayaran pemilik usaha mikro dan kecil atau pedagang, yang memungkinkan mereka membayar pemasok tepat waktu dan memenuhi kewajiban pembayaran mendesak lainnya.

Sistem pembayaran baru pada akhirnya akan menyediakan pembayaran orang-ke-orang, termasuk fitur-fitur seperti mengirim permintaan pembayaran dan memulai pembayaran menggunakan pengidentifikasi seperti nomor telepon atau alias lainnya.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article