home ×
Digilife

Pandemi, Transaksi Kategori "Wedding" Naik 4 Persen di Tokopedia

15 June 2021 By
Pandemi, Transaksi Kategori
Share
Share
Share
Share

Foto Ilustrasi: dok. Tokopedia

Uzone.id -- Di masa pandemi ini, berbagai kegiatan banyak dilakukan melalui platform digital untuk menghindari aktivitas di luar ruangan yang memiliki risiko terpapar virus lebih besar.

Tak hanya aktivitas seperti sekolah dan bekerja, perencanaan pernikahan pun kini banyak melibatkan teknologi serta platform digital karena dianggap lebih praktis dan efisien.

Beberapa perlengkapan pernikahan seperti souvenir, dekorasi, dan lainnya mengalami banyak sekali peningkatan pembeli ketika masa pandemi ini. Tercatat bahwa transaksi untuk kategori Wedding meningkat hampir 4 kali lipat di Q2 2021.

“Transaksi kategori Wedding di Tokopedia pun melonjak hampir 4x lipat selama Q2 2021 lalu jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, Senin (14/6).

Baca juga: Kurir COD Sering Dimaki Konsumen, Begini Komentar Tokopedia

Pernikahan di era pandemi juga mengalami perubahan tren. Konsep tren Intimate Wedding menjadi yang banyak dipilih oleh banyak pasangan selama masa pandemi ini. Kebanyakan banyak pasangan hanya mengundang kerabat terdekat mereka.

“Kebanyakan pasangan hanya mengundang 30 orang untuk prosesi pemberkatan maupun akad nikah, sedangkan 60 tamu untuk sesi resepsi,” kata Gisela Setyawan, Senior Head of Wedding Business Bridestory.

Ia melanjutkan, “tren pernikahan di era new normal, membuat jangka waktu perencanaan pernikahan menjadi lebih singkat. Menurut data internal Bridestory terkait industri pernikahan di 2020 lalu, sekitar 31,51 persen calon pengantin membutuhkan waktu kurang dari 3 bulan untuk mempersiapkan pernikahan.”

Baca juga: El Savador, Negara Pertama yang Bakal Legalkan Transaksi Bitcoin

Selain transaksi kategori Wedding yang juga mengalami peningkatan di Tokopedia, transaksi subkategori lainnya seperti souvenir, seserahan, serta dekorasi mengalami peningkatan yang sangat signifikan mencapai 10 kali lipat pada Q2 2021 dibanding dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Bridestory, yang menjadi bagian dari ekosistem Tokopedia membagikan tips untuk mempermudah pernikahan di masa pandemi, yaitu dengan menentukan konsep pernikahan, kumpulkan referensi secara daring, pahami syarat dan ketentuan vendor, membuat alokasi anggaran pernikahan dan bagikan momen spesial lewat video streaming.

Sasaran dan visi misi Tokopedia dalam membantu para konsumen untuk memenuhi kebutuhannya adalah tak hanya menyediakan produk fisik namun juga mencakup bidang yang lebih luas lagi, yaitu menjangkau penyedia jasa pelayanan khususnya dalam kategori Tokopedia Wedding seperti penyedia jasa fotografer dan lainnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id