icon-category Digilife

Papeda Khas Indonesia Timur Mejeng di Google Doodle Hari Ini

  • 20 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Hari ini Google Doodle menampilkan salah satu makanan khas Indonesia Timur yang populer dan bahkan disukai banyak masyarakat, tak hanya Indonesia tapi juga masyarakat dunia.

Yup, Papeda atau Bubur Sagu jadi tema Google Doodle edisi hari ini, Jumat, (20/10) sebagai perayaan Papeda yang resmi dipilih sebagai warisan budaya dunia.

“Tepat pada hari ini di tahun 2015 lalu, Papeda secara umum dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia,” tulis Google dalam keterangannya.

alt-img

Papeda sendiri terbuat dari pohon sagu, yang mana pohon sagu sendiri banyak ditemukan di pulau-pulau Indonesia. FYI, selain memiliki banyak manfaat untuk lingkungan, tanaman sagu juga menjadi salah satu tanaman yang cukup sakral dalam budaya Indonesia Timur.

Hingga saat ini, sagu masih digunakan dalam berbagai ritual dan upacara kebudayaan di Papua dan Maluku. Salah satunya adalah Watani Kame, yaitu upacara yang menandai berakhirnya siklus kematian seseorang.

Setiap tahunnya, penduduk Indonesia (khususnya di kepulauan) akan memanen sagu lalu diekspor ke negara lain dan diolah untuk masakan, salah satunya menjadi Papeda. Satu pohon sagu bisa menghasilkan 150 hingga 300 kg pati sagu.

Untuk membuat Papeda, campurkan air mendidih dengan tepung sagu yang diolah dari pohon. Setelah itu, aduk hingga mengental dan campurkan bumbu seperti kunyit, kemangi, serai, daun salam. Kalian juga bisa menambah makanan lain seperti ikan untuk menambah rasa dari Papeda.

Pohon sagu sendiri memiliki berbagai manfaat, termasuk menjadi pengaman lingkungan karena bisa mengabsorbsi emisi gas karbondioksida ke udara. Selain itu, tanaman ini juga menyediakan berbagai nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, kalsium, dan zat besi.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini