icon-category Digilife

Pasar Crypto Diprediksi Kena Badai, Apa Yang Harus Dilakukan?

  • 17 May 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Harga crypto diprediksi banyak kalangan investor akan mengalami badai di bulan Mei 2023. Hal ini tentu tidak lepas dari gejolak ekonomi yang terjadi di Amerika Serikat. Bahkan sekarang ini ada kekhawatiran AS mengalami gagal bayar hutang, sebagai awal kehancuran negara ekonomi terbesar di Indonesia.

Berita crypto beberapa minggu ini, Bitcoin dan aset crypto lainnya mengalami penurunan harga rata-rata 2-4 persen. Total dominasi Bitcoin adalah 46,09 persen. Dominasi aset kripto mengalami penurunan, kecuali BNB, XEC, dan BTT. Bahkan untuk koin stabil seperti USDC, USDT dan DAI juga mengalami koreksi.

Proyeksi bulan Mei

Pergerakan pasar crypto pada bulan April sangat menggembirakan. Bitcoin mengalami bulan keempat berturut-turut dengan kinerja positif yang belum pernah terjadi sebelumnya, menandakan potensi akhir dari bearish market.

Secara historis, tren ini belum diperbarui, menunjukkan bahwa bearish market Bitcoin mungkin sudah berakhir. Namun, hanya waktu yang akan menentukan apakah prinsip ini berlaku jika pasar mengalami kenaikan berakhir pada bulan Mei, karena ekonomi makro saat ini sedang menghadapi krisis besar.

Data ekonomi AS terbaru menunjukkan bahwa The Fed masih mempertahankan sikap hawkish. Suku bunga acuan The Fed akan menjadi 5,25 persen, turun dari 5 persen, membuat Bitcoin tertekan. Jika benar suku bunga naik seperti yang diharapkan, maka Bitcoin akan terkoreksi, tetapi jika suku bunga tetap sama atau turun, maka BTC akan dapat melihat peningkatan.

Suku bunga AS turun menyusul upaya Fed untuk melanjutkan kenaikan suku bunga yang ditargetkan. Meski turun tajam, inflasi masih di atas ekspektasi. Diperkirakan Bitcoin tidak akan lepas dari sentimen bearish di masa mendatang.

Pergerakan BTC dari pertengahan Mei mungkin tetap pada level resistensi tinggi USD30.000. Jika ada penurunan target harga terdekat USD27.000. Namun, masa depan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya masih ditentukan oleh banyak pertimbangan, karena sistem perbankan mulai terguncang dan berbagai langkah regulasi yang diambil oleh berbagai negara.

Pada dini hari Senin, 1 Mei 2023, Bitcoin mengalami kenaikan harga yang menyebabkan orang mengatakan FOMO mengatakan bahwa BTC akan naik ke harga USD32.000 dalam beberapa hari. Faktanya, Bitcoin mematahkan pola segitiga simetris dan langsung naik dari harga US$29.250 ke harga USD29.960 dalam waktu kurang dari sehari.

Peningkatan 2,5 persen ini membuat Bitcoin menjadi tren di Twitter dengan 211.000 tweet. Secara teknis, Bitcoin direkomendasikan untuk bearish pada hilangnya empat jam - Simple Moving Average 100. Support 100 SMA berada di USD28.916 dan harga saat ini adalah USD28.600.

Dukungan SMA 200 dibayarkan pada USD28.759, dan dukungan teknis BTC bearish minggu ini bisa 10 persen lebih rendah dan tidak mengesampingkan kemungkinan kenaikan harga. Salah satu pemicu utama adalah FOMC untuk memangkas suku bunga pada 4 Mei.

alt-img

Jangan panik, lakukan 5 hal ini saat harga Bitcoin sedang turun

Bitcoin adalah aset yang harganya fluktuatif, jika kita bandingkan dengan aset lainnya. Saham, real estat, emas, dan lainnya tidak memiliki fluktuasi harga yang liar seperti Bitcoin. Faktanya, Bitcoin adalah investasi yang menghadirkan risiko tinggi dan keuntungan yang tinggi juga.

Bahkan kamu bisa mendapatkan profit yang tinggi, tetapi juga bisa anjlok dengan harga yang turu dratis. Dalam beberapa tahun lalu pada akhir Februari 2021, Bitcoin mengalami koreksi. Harganya turun menjadi Rp660 juta dari Rp851 juta.

Tentu saja, aset crypto lainnya juga mengalami penurunan serupa. Mungkin banyak dari kamu yang pernah mengalami kerugian. Tapi, kamu tidak perlu panik. Sebelum melakukan prosesnya, kamu perlu istirahat sejenak sambil menghilangkan rasa takut dan emosi. 

Apa yang harus dilakukan ketika harga bitcoin dan aset kripto lainnya jatuh.

Ada banyak strategi trading yang perlu kamu terapkan untuk mengatasi naik turunnya Bitcoin.

  1. Bitcoin rendah, segera cari tahu alasannya

Langkah pertama saat Bitcoin turun adalah  kamu harus mencari tahu alasannya. Ini juga merupakan metode penelitian dasar. Kamu bisa menemukan berita crypto dari media yang khusus membahas cryptocurrency dan blockchain.

Kamu harus mendapatkan informasi yang akurat alasan mengapa bitcoin bisa anjlok. Harus dipastikan bahwa keruntuhan aset kripto terjadi dalam jangka panjang. Selain itu, kamu juga perlu alasan yang bagus agar harga benar-benar turun.

Karena penurunan Bitcoin adalah hal biasa. Jika hanya bersifat sementara dan penyebabnya tidak serius, kamu tidak perlu panic, karena dalam waktu tak lama Bitcoin bisa naik lagi.

  1. Bitcoin Turun, Lakukan Take Profit

Langkah selanjutnya ketika Bitcoin turun adalah kamu bisa mengambil keuntungan instan (TP) atau take profit. Masukkan pesanan penjualan segera. Kamu tidak akan menyesal karena keuntungan kamu tidak setinggi kemarin.

Kamu hanya harus bersyukur masih bisa untung, apalagi saat harga turun. Tidak perlu menyesal jika tidak sempat melakukan TP saat harga sedang tinggi. Ingat pepatah, "jika Anda beruntung, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa".

  1. Bitcoin turun, Anda bisa memotong kerugian agar tidak rugi terlalu banyak

Saat Bitcoin jatuh, kamu tidak melakukan take profit maka langkah yang kamu bisa lakukan adalah menahan atau ditahan. Namun, untuk menghindari jatuh lebih dalam maka kamu harus menjualnya meski harganya rendah.

Pastikan kamu telah membuat rencana dan harga yang realistis untuk meminimalkan kerugian. Kamu harus segera melakukan ini jika pasar dan analisis dasar menyimpulkan bahwa harga bitcoin akan turun lagi. Jangan takut gagal. Toh, prosedur ini dilakukan agar kerugian kamu tidak bertambah parah.

  1. Kembali ke investasi jika harga support

Langkah selanjutnya adalah bersiap untuk melanjutkan berbelanja. Kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi lagi? Badai Pasti Berlalu. Kamu dapat melanjutkan perdagangan saat harga lebih rendah. Istilah ini sering disebut support.

Tinjauan teknis diperlukan saat ini. Kamu dapat menentukan kapan kondisi support terjadi saat melihat grafik.

  1. Selalu gunakan rencana bisnis

Langkah terakhir adalah kamu harus kembali ke bisnis sesuai dengan rencana bisnis. Kebanyakan klien baru tidak memiliki rencana atau strategi. Oleh karena itu, untungnya bukan yang paling banyak atau bahkan yang rugi.

Rencana pemasaran adalah strategi yang disiapkan pelanggan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Jadi, trading plan berguna sebagai acuan atau sebagai strategi yang kamu ikuti saat trading. Kamu bisa membuat trading plan dengan menentukan terlebih dahulu berapa profit dalam melakukan Take Profit. Selain itu, kamu perlu merencanakan diskon saat harga turun.

Nah, untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja, dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor baru dan kasual.

Saat ini PINTU telah memiliki 120 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif, dan edukatif, seperti Pintu Earn, Referral System, PTU Stalking dan Pintu Kelas Academy.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini