icon-category Gadget

Paten Baru Apple: Keyboard yang Bisa ‘Sulap’ iPad Jadi MacBook

  • 10 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi/Unsplash

    Uzone.id – Apple belakangan ini baru saja mematenkan keyboard baru untuk iPad. Namun, keyboard ini tampaknya nggak sembarangan, karena bisa ‘menyulap’ iPad menjadi laptop Mac.

    Dari penjelasan berbagai sumber, keyboard iPad ini bekerja dengan cara mengintegrasikan software macOS, sehingga perangkat iPad bisa berubah menjadi seperti MacBook. Klaimnya sih, keyboard ini tampilannya lebih natural dibandingkan penyangga yang digunakan kebanyakan keyboard iPad.

    Jika orang-orang membandingkan keyboard iPad ini dengan Magic Keyboard yang lebih dulu dirilis, tentu berbeda karena paten keyboard ini murni alat pelengkap yang disematkan ke inti hardware dari iPad. Banyak yang bilang bakal mirip seperti keyboard Surface Pro dari Microsoft.

    Foto: dok. Apple

    Baca juga: Apple Racik iPad Pro 2022 dengan Chip M2?

    Yang jelas, paten keyboard Apple ini memiliki tombol-tombol elektromekanikal dan trackpad yang sangat luas – sangat mirip seperti laptop-laptop MacBook. Bahkan di dalam dokumen paten tersebut, Apple mengatakan kalau keyboard ini memiliki ruang atau slot untuk stylus, serta layar sentuh kecil seperti Touch Bar pada MacBook Pro lawas.

    Mengutip TechSpot, paten keyboard ini dianggap sebagai giliran Apple untuk meramaikan ide yang sudah ada sebelumnya ketimbang merombak iPad. Namun, tetap saja ada optimis kalau teknologi keyboard ini dapat menjadi batu loncatan ke upgrade lainnya.

    Di sisi lain, ada paten Apple lain yang menunjukan kalau iPad mungkin saja beralih ke arah yang lebih berani. Koneksi port yang lebih serbaguna untuk aksesori keyboard juga bisa dimanfaatkan untuk aksesori lain seperti kamera, mikrofon, hingga layar kedua.

    Foto: dok. Apple

    Rasanya cukup segar melihat Apple bereksperimen dengan ide-ide baru untuk iPad, namun lagi-lagi ini baru paten. Bukan kali pertama Apple mengajukan paten keren untuk produk-produknya.

    Jadi jangan berharap banyak paten-paten Apple bakal diwujudkan menjadi nyata. Kita lihat saja nanti di masa depan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini