icon-category Digilife

PayPal Tiba-tiba Hilang dari PSE Terdaftar

Uzone.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai memblokir sejumlah layanan besar yang tak kunjung mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Nama-nama besar yang diblokir Kominfo seperti Steam, Origin, Epic Games, Dota2 sampai Yahoo Search Engine.

Salah satu platform besar lainnya yang turut diblokir Kominfo adalah PayPal. Padahal, dari pantauan tim Uzone.id pukul 7.48 WIB melalui laman resmi PSE Kominfo, nama PayPal sudah masuk ke daftar ‘SE Terdaftar’ dan seharusnya bebas dari pemblokiran.

Akan tetapi, pada pukul 11.31 WIB, PayPal malah hilang dari list ‘SE Terdaftar’. Akibatnya, layanan pembayaran digital tersebut tidak bisa diakses oleh para pengguna di Indonesia, baik melalui desktop maupun smartphone.

Dari pengecekan kami melalui laman TRUST Positif, situs PayPal.com juga sudah masuk ke dalam daftar pemblokiran yang dilakukan Kominfo. Sekadar informasi, TRUST positif adalah situs yang menampung aduan-aduan dari masyarakat terkait konten internet.

Baca juga: Steam, Epic Games, Origin dkk Resmi Diblokir Kominfo

Belum diketahui pasti alasan di balik menghilangnya PayPal dari ‘SE Terdaftar’ sehingga membuatnya diblokir Kominfo sampai sekarang. 

PayPal, Steam hingga Epic Games diblokir, netizen menjerit

Warganet Indonesia curhat di media sosial Twitter hari ini (30/7). Sebagian besar dari mereka mengeluhkah pemblokiran beberapa platform besar oleh Kominfo, seperti Steam, Epic Games, Dota2 bahkan hingga PayPal.

Bahkan, tagar #BlokirKominfo pun menjadi trending topic di Twitter dengan lebih dari 42 ribu kicauan diunggah oleh warganet sebagai bentuk penolakan terhadap aturan PSE yang diberlakukan Kominfo.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini