icon-category Auto

Pecco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023, Hapus Kutukan 'Nomor 1'

  • 27 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Pecco Bagnaia menancapkan pencapaiannya di musim MotoGP 2023 dengan meraih juara dunia keduanya secara beruntun dengan hasil sempurna. Meruntuhkan kutukan nomor 1 sekaligus memenangi seri terakhir MotoGP Valencia.

Laga MotoGP Valencia 2023 menjadi ajang balap yang sangat menegangkan. Pasalnya dua pebalap Ducati memiliki selisih hanya 14 poin untuk jadi juara dunia antara Francesco Bagnaia alias Pecco dan Jorge Martin.

Jorge Martin yang tampil sangat kuat di laga Sprint Race hari Sabtu tentunya cukup mengganggu Pecco untuk menjadi juara bertahan.

Balapan bermula dengan start yang bagus baik pada Pecco maupun Martin. Keduanya pun beradu kecepatan dengan sangat intens pada lap pembuka di MotoGP Valencia.

Namun baru dua putaran berlangsung, Jorge Martin mencoba menyalip Pecco yang justru membuat motornya keluar dari lintasan. Menariknya Martin tidak terjatuh dan masih bisa melanjutkan balapan meskipun harus mengejar Pecco dari posisi ke-8.

alt-img

Ambisi Martin yang kuat membuatnya sempat naik dua posisi meninggalkan Alex Marquez dan Maverick Vinales. Namun saat hendak menyalip Marc Marquez, terjadi kontak antara keduanya yang membuat pebalap bernomor 93 itu mengalami highside dan Martin keluar lintasan hingga akhirnya terjatuh.

Di momen ini, Jorge Martin sudah gagal untuk memperebutkan juara dunia dan membiarkan Pecco membawa kembali piala kejuaraan musim 2023.

Usai insiden tersebut, Pecco yang awalnya memimpin balapan sempat disalip oleh Brad Binder dan Jack Miller. Kemudian Brad Binder harus menjalani long lap penalty yang membuatnya turun posisi.

Tak lama berselang, Jack Miller terjatuh saat memimpin balapan yang membuat Pecco kembali berada di paling depan.

Balapan pun dibuat menarik oleh Fabio Di Giannantonio, Brad Binder, dan Johann Zarco yang berebut podium. Namun hasil akhir menentukan bahwa Johann Zarco mendapatkan podium kedua dan Brad Binder podium ketiga.

Fabio Di Giannantonio yang finis di belakang Pecco harus menerima hukuman terkait regulasi tekanan ban yang membuatnya mendapatkan tambahan waktu tiga detik dan posisinya turun menjadi ke-4.

Berikut hasil balap MotoGP Valencia 2023

Posisi Pebalap Tim Waktu/Selisih
1 Francesco Bagnaia Ducati Lenovo (GP23) 40m 58.535s
2 Johann Zarco Pramac Ducati (GP23) +0.360s
3 Brad Binder Red Bull KTM (RC16) +2.347s
4 Fabio Di Giannantonio Gresini Ducati (GP22) +3.176s
5 Raul Fernandez RNF Aprilia (RS-GP22) +4.636s
6 Alex Marquez Gresini Ducati (GP22) +4.708s
7 Franco Morbidelli Monster Yamaha (YZR-M1) +4.736s
8 Aleix Espargaro Aprilia Racing (RS-GP23) +8.014s
9 Luca Marini Mooney VR46 Ducati (GP22) +9.486s
10 Maverick Viñales Aprilia Racing (RS-GP23) +10.556s

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini