icon-category Gadget

Pendapatan AMD Ryzen Anjlok Gara-gara Intel Alder Lake

Uzone.id - Pendapatan AMD Ryzen diperkirakan anjlok hingga 26 persen di tahun ini. Kesuksesan Intel Core 12th Gen (Alder Lake) disebut-sebut jadi salah satu penyebab utamanya.

Joseph Stanley, seorang analis pasar dari Morgan Stanley mengklaim bahwa pendapatan dari AMD Ryzen bakal turun signifikan di tahun ini karena berbagai faktor. Salah satu di antaranya adalah pangsa pasar PC yang mengalami penurunan di tahun ini.

Disusul dengan menurunnya minat orang-orang untuk membeli perangkat desktop dengan CPU kelas konsumen, sehingga membuat persaingan keduanya menjadi semakin sengit. 

Nahas buat AMD Ryzen, prosesor Intel Alder Lake generasi ke-12 diterima dengan sangat baik oleh pasar. Ditambah lagi, orang-orang yang merakit PC gaming pun seperti ‘tak menanti’ kedatangan AMD Ryzen dengan arsitektur Zen 4.

Baca juga: Head to Head Intel 12th Gen vs AMD Ryzen 6000 Series

Nasib sial terus berlanjut hingga tahun depan. Seperti dikutip dari Techradar, Moore juga memperkirakan pendapatan AMD Ryzen kembali menurun 2 persen pada 2023 mendatang. 

Kendati begitu, AMD memandang ini sebagai ‘koreksi pasar’. Perusahaan semikonduktor yang berbasis di Amerika Serikat itu yakin stabilitas pendapatan akan datang setelahnya. Apalagi, AMD tetap mencetak pundi-pundi keuntungan melalui bisnis lainnya seperti server dan prosesor laptop.

AMD Ryzen 7000 Harus Diluncurkan Segera

Salah satu strategi yang bisa saja diaplikasikan AMD Ryzen untuk melawan kembali adalah dengan merilis Ryzen 7000 Series sebelum Intel memperkenalkan Raptor Lake ke pasaran. Namun, hal ini bisa terkendala dengan turut menurunnya penjualan motherboard.

DigiTimes melaporkan, bakal cukup sulit bagi perusahaan untuk menjual prosesor ketika volume penjualan motherboard kurang memuaskan.

Baca juga: Daftar Laptop dengan Intel Core 12th Gen

Dari rumor yang beredar, AMD Ryzen 7000 Series akan diluncurkan pada pertengahan September. Saat prosesor ini diresmikan kehadirannya, AMD seharusnya bisa menurunkan harga prosesor seri sebelumnya untuk menghabiskan stok yang menumpuk.

Boleh jadi, harga AMD Ryzen 5000 ataupun 6000 Series akan lebih murah, sehingga gamer masih bisa membangun PC gaming yang cukup powerful dengan anggaran yang terbatas. 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini