icon-category Startup

Pendapatan RUN System Tumbuh Signifikan di Semester I-2022

Uzone.id - Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUN System) membukukan pertumbuhan bisnis dan performa yang positif pada semester pertama tahun 2022. RUNS berhasil meraup pendapatan konsolidasi sebesar Rp8,82 miliar atau naik 973 persen dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp821,95 juta.

Seiring kenaikan pendapatan, beban pokok juga mengalami peningkatan menjadi Rp194,58 juta dari sebelumnya hanya Rp8,29 juta. 

Porsi beban pokok ini meningkat menjadi sekitar 2 persen terhadap pendapatan pada semester pertama tahun ini. Sementara porsi di periode yang sama tahun sebelumnya sekitar 1 persen. 

Jika ditotal, sampai paruh pertama tahun 2022 ini RUN System mencatatkan laba kotor Rp8,63 miliar atau meningkat tajam 961 persen dari sebelumnya sebesar Rp813,65 juta.

Baca juga: Bisnis Telkom Terus Tumbuh, Pendapatan Tembus Rp72 Triliun

Inovasi produk memegang peranan penting

Meningkatnya pendapatan perseroan di semester pertama 2022 merupakan hasil kerja bersama seluruh stakeholder perseroan baik internal maupun mitra bisnis. 

Sadar kondisi perekonomian belum pulih seperti sedia kala, perseroan melakukan penetrasi pasar baik langsung maupun melalui mitra bisnis atau yang biasa disebut distribution partner. Perpaduan kerjasama kedua pihak ini yang mewujudkan peningkatan kinerja yang diharapkan akan terus bertumbuh kedepan.

Performa meroket yang diraih RUNS System merupakan hasil dari berbagai langkah strategis perusahaan, salah satunya inovasi produk dan layanan. Misalnya saja solusi untuk pasar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti iKAS, R1 dan RUN Market.

Baca juga: Pendapatan AMD Ryzen Anjlok Gara-gara Intel Alder Lake

Hal ini membuktikan kalau RUN System tak cuma menyediakan solusi bagi perusahaan skala besar dengan ERP saja, tapi juga meluncurkan produk yang membantu meningkatkan usaha UMKM di Indonesia.

iKAS merupakan salah satu solusi unggulan RUN System yang sukses mencatat kenaikan angka pengguna sebesar 33 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya atau hampir mencapai 10 ribu pengguna. 

Kenaikan tersebut memiliki peluang yang besar untuk terus bertambah lantaran data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 99,99% dari total usaha yang ada di tanah air.

Selain layanan dan solusi yang ditawarkan perusahaan, RUNS System pun melakukan aksi korporasi untuk memperkuat dan memperluas penetrasi pasar. Langkah akuisisi PT Solusi  Kampus Indonesia (SKI) salah satunya.

Akuisisi ini dilakukan untuk ekspansi bisnis ke sektor pendidikan, khususnya perguruan tinggi. Data terakhir yang dikutip dari laman PDDikti-Kemendikbud, di Indonesia terdapat lebih dari 4 ribu Perguruan Tinggi dengan total mahasiswa di atas 9 juta. 

Baca juga: Keseruan Indigo Demo Day 2022, Ajang 'Jodohkan' Startup dan Investor

Sementara, angka pengguna SKI baru mencapai 280 Perguruan Tinggi dengan total lebih dari 500 ribu mahasiswa. Data tersebut menunjukan pasar yang dapat digarap di sektor ini masih sangat terbuka lebar. 

Pencapaian pada semester I – 2022 yang signifikan ini merupakan bukti komitmen untuk menjaga kepercayaan publik dengan terus mengembangkan inovasi guna memperluas  market di berbagai sektor dan kelas bisnis agar dapat menghadapi tantangan di era digital ini. 

Didukung komitmen dan eksekusi dari berbagai inisiatif strategis, RUN System senantiasa mempertahankan posisinya di tengah kondisi makro yang penuh tantangan saat ini.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini