home ×
Digilife

Pendiri Apple Gugat YouTube, Kenapa?

24 July 2020 By
Pendiri Apple Gugat YouTube, Kenapa?
Share
Share
Share

Steve Wozniak (Foto: TechSpot)

Uzone.id - Salah satu pendiri Apple Steve Wozniak menggugat secara hukum terhadap pemilik situs video YouTube, Google, karena mengizinkan para penipu menggunakan namanya untuk melakukan penipuan Bitcoin yang diyakini telah meraup jutaan dolar dari orang-orang di seluruh dunia.

Wozniak melampiaskan frustrasi dan kemarahannya dalam konferensi video yang diadakan Kamis untuk menjelaskan mengapa ia memutuskan untuk menuntut salah satu perusahaan internet terbesar di dunia di pengadilan negara bagian California awal pekan ini.

Gugatan itu juga mewakili 17 orang yang diduga menjadi korban penipuan bitcoin, termasuk 10 orang yang tinggal di luar Amerika Serikat.

Baca juga: Steve Wozniak Minta Orang Hapus Facebook

Keluhan berisi 47 halaman itu berkisar tentang tipu muslihat yang telah menggunakan gambar Wozniak dan selebritas teknologi tinggi seperti pendiri Microsoft Bill Gates dan CEO Tesla Elon Musk untuk mengelabui orang-orang soal mata uang digital Bitcoin.

Video yang tersebar di YouTube sebagai bagian dari skema menarik pemirsa untuk mengirim bitcoin mereka ke alamat digital anonim, berjanji untuk mengembalikan dua kali lipat jumlahnya. Namun, pembayaran pengembalian tidak pernah tiba.

Ini mirip dengan penipuan yang muncul di Twitter pekan lalu ketika peretas membajak akun lebih dari 100 orang terkemuka, termasuk Gates, Musk, mantan Presiden Barack Obama dan Joe Biden, calon Partai Demokrat tahun ini untuk calon presiden.

Twitter dapat memperoleh kembali kendali atas akun yang diretas dan membersihkan penipuan dari layanan pengiriman pesannya dalam beberapa jam.

Baca juga: Kenapa Google Hapus Palestina dari Maps?


Namun, Wozniak mengatakan bahwa ia telah berusaha menghubungi Google dan YouTube untuk mencegah video menjajakan penipuan dengan nama dan fotonya di dalamnya sejak 10 Mei.

“Namun, situs itu tampaknya tidak dapat menghentikan tipu muslihat yang terang-terangan untuk berulang kali muncul kembali di situs setelah klip palsu dihapus,” katanya seperti dikutip dari ABC News, Jumat (24/7).

"Ini seperti Whack-A-Mole," kata Wozniak.

Baik Wozniak dan salah seorang pengacaranya, Joseph Cotchett, mendesak anggota parlemen AS untuk berhadapan dengan CEO Google Sundar Pichai tentang mengapa YouTube tidak berbuat lebih banyak untuk menghentikan aktivitas penipuan di situsnya ketika.

YouTube mengatakan telah menghapus 2,2 juta video dan menghentikan 1,7 juta akun selama tiga bulan pertama tahun ini karena melanggar kebijakannya terhadap praktik penipuan. Tetapi tidak ada komentar tentang tuduhan khusus Wozniak.

"Kami menganggap serius penyalahgunaan platform kami, dan mengambil tindakan cepat ketika kami mendeteksi pelanggaran kebijakan kami," kata YouTube dalam pernyataan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 24 July 2020 | 09:10:38

pendiri apple gugat youtube itu sendiri

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id