icon-category Telco

Pengguna Rajin WhatsAppan, Trafik Telkomsel Naik 11,6 Persen Saat NATARU

  • 04 Jan 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Selain XL Axiata, Telkomsel turut merilis laporan kenaikan trafik selama periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (NATARU). Tercatat trafik akses broadband Telkomsel melonjak 11,6 persen selama momen NATARU dibandingkan hari-hari normal.

Secara detail, kenaikan trafik layanan data (payload) Telkomsel di periode NATARU kemarin mencapai 49,8 petabyte. Lonjakan ini dikontribusi dari tingginya penggunaan layanan digital seperti media sosial yang berada di angka 11,9 persen, layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference di angka 35,7 persen, video streaming 6,1 persen, mobile gaming 23,9 persen, dan browsing 79,8 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi atau platform digital favorit seperti WhatsApp 32,9 persen, TikTok 11,3 persen, Instagram 24,6 persen, dan Facebook 6,5 persen.

Uniknya layanan e-commerce dan YouTube turun trafiknya, secara berurutan masing-masing sekitar 0,3 persen dan 0,9 persen. Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1 persen.

Baca juga: Persaingan Ketat Telkomsel dan XL Axiata Jadi Operator Terbaik

“Memasuki tahun yang baru ini, Telkomsel konsisten untuk terus bergerak maju dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi seluruh masyarakat untuk lebih berdaya, dengan mengoptimalkan berbagai potensi melalui pemanfaatan teknologi digital yang hadir di setiap aspek kehidupan,” tutur Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono dalam pernyataan resminya yang diterima Uzone.id.

Saki turut menambahkan, ada pula detail pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen NARU 2022/2023 di sejumlah wilayah, berikut rinciannya:

  • Kabupaten Bogor (Provinsi Jawa Barat): 15,7 persen
  • Kabupaten Simalungun (Provinsi Sumatera Utara): 41,7 persen
  • Kabupaten Bandung (Provinsi Jawa Barat): 15,3 persen
  • Kabupaten Deli Serdang (Provinsi Sumatera Utara): 15,22 persen
  • Kota Bekasi (Provinsi Jawa Barat): 11,06 persen

Baca juga: 5 Momen Besar di Industri Telekomunikasi, Apa Saja?

Selain itu, Telkomsel juga menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik, seperti Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (tumbuh 2,9 persen), Jawa Barat (naik 2 persen), dan Sumatera Utara & Aceh (meningkat hingga 1,5 persen).

Diketahui, selama momen NARU 2022/2023, Telkomsel menjalani berbagai aktivitas digital berkat langkah antisipatif yang telah dilakukan, terutama di 493 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia.

POI tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.

Secara keseluruhan, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS (COMBAT), menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote atau virtual.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini