home ×
Digilife

Penonton Twitch Meningkat 50 Persen Selama Pandemi Covid-19

24 July 2020 By
Penonton Twitch Meningkat 50 Persen Selama Pandemi Covid-19
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Penonton Twitch diprediksi meningkat sampai 50 persen selama pandemi Covid-19 memaksa semua orang untuk berdiam di rumah. Memang sudah bukan hal yang mengejutkan jika Covid-19 membuat layanan streaming naik daun, termasuk juga Facebook Gaming.

Dalam laporan industri streaming yang diinisiasi StreamElements dan Arsenal.gg, jumlah penonton Twitch meningkat sejak awal tahun, tepat saat pandemi mulai disadari oleh semua orang di dunia. Durasi tontonan tumbuh sampai 5 miliar jam antara April sampai Juni.

Baca juga: PewDiPie Digandeng Youtube untuk Lawan Twitch

Angka ini dianggap sebagai kenaikan yang cukup besar. Bahkan peningkatannya mencapai 50 persen dibanding kuartal pertama tahun 2020. Jika dibandingkan tiga bulan yang sama di tahun sebelumnya, kenaikannya mencapai 60 persen.

Sebenarnya, Twitch telah melaporkan adanya peningkatan jumlah durasi tontonan di platform streamingnya. Pada Mei lalu mereka menyebut adanya peningkatan 45 persen durasi nonton di seluruh industri streaming pada bulan Maret dan April.

A chart showing Twitch viewership by hours watched from January through June.

Tak hanya Twitch, platform streaming game buatan Facebook juga diketahui mengalami peningkatan, bahkan lebih besar. Facebook Gaming memang masih memiliki jumlah pengguna yang sedikit, namun peningkatan jumlah durasi menonton mencapai 75 persen setiap kuartalnya. Bahkan bisa mencapai 200 persen year over year.

Jika dijadikan angka real, tentu saja masih seperlima dari jumlah durasi nonton di Twitch. Bahkan angka durasi di kedua platform ini akan meningkat pesat lagi beberapa bulan mendatang karena platform streaming game Mixer sudah tutup. Dipercaya penonton dan streamers Mixer beralih ke Facebook Gaming.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

7 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Rifki Saputra 25 July 2020 | 12:24:03

haha keren bulan april

Rifki Saputra 25 July 2020 | 12:22:24

iya bagus lah mengalami peningkatan

Syaiful Anwar 25 July 2020 | 07:44:19

hebat banget tempat ini kamar gemers nya ada bc nya

Syaiful Anwar 25 July 2020 | 07:38:54

widdih mantep jiwa tempat nya

Syaiful Anwar 25 July 2020 | 07:35:43

wadidaw tempat nya mantep

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article