icon-category Startup

Pentingnya Credit Score di Era Marak Fintech

  • 10 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Pendemi mempercepat perkembangan dan kebutuhan digitalisasi, termasuk di dunia finansial atau keuangan. Fintech banyak bermunculan mulai dari bank digital sampai P2P Lending. Perilaku konsumen finansial pun berubah sehingga resiko kredit pun menjadi hal penting untuk diperhitungkan.

    Salah satu penyedia jasa credit scoring yang terdaftar dan diawasi OJK adalah milik PT Tongdun Technology Indonesia. Mereka mengklaim memiliki FINScore yang disebut-sebut sebagai innovative credit score dan bisa menjadi tolak ukura dalam mengetahui kemampuan debitur.

    Baca juga: 2022, Kredivo Bakal Ekspansi ke Negara Ini

    Dikatakan Presiden Direktur PT Tongdun Technology Indonesia, Jackal Ma, dalam konferensi virtual kemarin, Inovatif Credit Score dari Tongdun yang diberi nama FINScore (Financial Inclusion Score) menjadi tolak ukur yang di gunakan oleh partner kami dalam melakukan credit risk assessment guna mengetahui kemampuan dari setiap pelaku usaha maupun debitur.

    "Tongdun memberikan nilai FINScore dengan jarak antara 300-900, yang dimana semakin tinggi skor tersebut semakin baik, dan mencerminkan resiko yang semakin kecil," ujarnya.

    Tongdun juga melakukan terobosan dalam usahanya memberikan layanan inklusi keuangan di Indonesia melalui kerja sama antara Tongdun Indonesia & Reliance Insurance. Kedua belah pihak sepakat untuk memberikan 2 jasa sekaligus, yaitu skor kredit dan juga asuransi kredit.

    Baca juga: Marak Pinjol Bodong, Ini Tangapan Kredivo

    Kedua jasa tersebut diberikan untuk dapat menjaga rasio gagal bayar tetap rendah di masa pandemi demi mendukung UMKM & Masyarakat Indonesia selama masa pandemi.

    Tongdun berdiri pada tahun 2013, dan pada akhir 2018 mulai mendirikan PT. Tongdun Technology Indonesia. Perusahaan melihat Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar dalam pertumbuhan Inklusi Finansial dalam beberapa tahun kedepan, terutama melihat pesatnya pertumbuhan Digitalisasi industri keuangan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini