home ×
Digilife

Pentingnya Visual Produk Meski Pakai Smartphone, No Foto No Omset

09 October 2021 By
Pentingnya Visual Produk Meski Pakai Smartphone, No Foto No Omset
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Membuat sebuah toko online, baik di e-commerce maupun instagram, membutuhkan visual yang menarik untuk membuat pengunjung tertarik. Salah satu kekuatannya adalah pada foto yang dibuat dengan estetik dan membuat produk jualan menjadi tak biasa.

Tidak dipungkiri lagi jika pandemi membuat jumlah UMKM semakin banyak. Pebisnis muda, khususnya pedagang online bertaburan, sebagai imbas dari hilangnya pekerjaan tetap yang mereka miliki karena pandemi tak kunjung usai. Data sebuah ecommerce berwarna hijau menunjukkan jika sejak awal pandemi, mereka mendata ada lebih dari 3,8 juta UMKM baru yang bergabung.

Pengajar workshop fotografi produk UMKM, Meyani Kristina Ningrum mengatakan jika kesan visual bisa memberikan informasi secara virtual produk yang mereka tawarkan melalui promosi sosial media. Terlebih, kata dia, jangkauan promosi pun bisa lebih luas dengan foto yang diposting di sosial media.

Baca juga: Cara Kerja Kamera OPPO Reno6 untuk Hasilkan Bokeh Sinematik

"Namun kalau dilihat kenyataannya, banyak pelaku UMKM, terutama ibu-ibu yang masih minder membuat foto produk. Selain tidak memiliki keahlian memotret, mereka juga menyadari tak memiliki perangkat yang memadai. Padahal foto itu penting untuk naikkan penjualan. No photo, no omzet," ujar Meyani saat memberikan paparan fotografi untuk UMKM di ajang Re-Energize with Oppo A16 di Bogor, Jumat (8/10/2021).

Padahal, kata dia, untuk memfoto produk tidaklah membutuhkan perangkat yang mahal. Mereka bisa menggunakan smartphone, seperti OPPO A16 yang saat ini sudah beredar luas di pasar Indonesia. Mey menambahkan jika DSLR dibutuhkan untuk kebutuhan cetak dalam ukuran besar. Sedangkan membuat postingan di Instagram tak perlu dicetak.

"Kalau cuma untuk dipajang di Instagram atau toko online, pakai kamera ponsel sudah cukup. Apalagi di OPPO A16 saya suka pakai Mode Expert, bisa untuk mengatur saturasi, white balance dan lainnya," kata Mey.

Mey sendiri mengaku sedang menggenggam OPPO A16 dan menjadikannya senjata untuk memfoto produk UMKM. Expert Mode dan Natural Lighting dianggapnya sebagai dua jagoan yang dibutuhkan untuk memotret produk dari smartphone.

Baca juga: Tips Pakai Flexdrop di OPPO A16

OPPO A16 dielngkapi baterai 5000mAh menawarkan waktu penggunaan seharian penuh tanpa isi ulang daya. Dengan 100 persen baterai, pengguna bisa mendapatkan 34 jam waktu panggilan, atau 21,02 jam pemutaran video Youtube berkelanjutan.

Kamera yang diusung OPPO A16 terdiri dari tiga kamera di bodi belakang dengan resolusi 13MP, 2MP dan 2MP. Sedangkan kamera depan dibekali resolusi 8MP.

Selain itu demi menjaga keselamatan pengguna OPPO memberikan serangkaian perlindungan termasuk perlindungan overcharge dan over-discharge, perlindungan ini menjaga agar tidak terjadi pengisian daya dengan arus berlebihan.

Untuk pengisian daya di malam hari, OPPO A16 dilengkapi fitur Super Nighttime Standby dimana selama 8 jam waktu tidur (dari 23:00 hingga 07:00) perangkat hanya mengonsumsi daya 1,21 persen.

Saat kapasitas baterai mencapai 5 persen atau lebih rendah, A16 menawarkan fitur the Super Power Saving Mode memungkinkan pengguna dapat menerima panggilan hingga 1,84 jam melalui telepon.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id