Gadget

Tips Pakai FlexDrop di OPPO A16

  • 26 September 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - OPPO A16 saat ini sedang naik daun. Dalam keterangan OPPO, sejak kemunculannya Juli lalu, terjadi kenaikan penjualan yang hampir konstan sebesar 3,3 persen per bulannya.

    Selama periode penjualan dari Juli hingga Agustus 2021, tercatat persentase konsumen memilih warna A16 space silver 52,5 persen lebih banyak jika dibandingkan warna crystal black yang mungkin menjadi warna yang banyak diluncurkan produsen smartphone saat ini.

    FlexDrop membantu pengguna melakukan banyak tugas secara lebih efisien. Beberapa aplikasi dapat tetap terbuka sebagai jendela kecil atau mengambang. Untuk menggunakan fitur ini, geser ke atas dari bagian bawah layar aplikasi, lalu geser ke kiri (jendela mengambang) atau ke kanan (jendela mini), seperti yang diminta.

    Baca juga: Tips Menyiasati Memori Terbatas di OPPO A16

    Salah satu hal yang menarik dalam racikan OPPO di A16 adalah adopsi sistem operasi ColorOS 11.1. Banyak fitur yang dihadirkan di OPPO A16 berkat adanya sistem operasi ini. Salah satu yang paling menarik adalah adanya fitur FlexDrop yang bisa membuat layar menampilkan aplikasi di depan layar, sehingga background layar masih bisa kita gunakan untuk aplikasi yang lain. Misalnya, kita membuka Google Classroom sambil browsing materi yang ada.

    Caranya, kita buka dahulu Google Classroom. Kemudian, saat sudah terbuka, geser layar dari bawah ke atas. Saat layar Google Classroom naik ke atas, di bagian bawah ada 2 opsi tampilan FlexDrop.

    Satu tampilan di kiri akan membuat tampilan Google Classroom mengecil setengah kali dari layar. Masih bisa terlihat dengan jelas konten-konten di sana meski ukurannya mengecil.

    Baca juga: OPPO A16, Andalan Sekolah Online

    Sedangkan di sebelah kanan, jika tampilan digeser ke arah ikon tersebut maka akan berubah mengecil 1/4 kali dari lebar layar. Disarankan untuk menggeser layar ke mode tampilan kiri saja, biar enak ngeliatnya.

    Nah, tampilan Google Classroom pun akan mengecil dan terletak di tengah layar. Dari situ, tinggal buka browser di layar kedua. Selain itu, kamu juga bisa mengirim dan membalas pesan sembari Google Meet.

    Sebenarnya, pola ini sama dengan Split Screen. Namun FlexDrop dibuat dengan format tampilan Picture in Picture (PiP).

    ColorOS 11 membuat multi-tasking jauh lebih mudah. Pasalnya, di FlaexDrop, aplikasi dapat disimpan di jendela kecil atau mini, membantu pengguna bisa melihat apa yang terjadi di berbagai aplikasi sekaligus.